Peran Orang Tua dalam Pengembangan Aspek Seni pada Anak Usia Dini

Peran Orang Tua dalam Pengembangan Aspek Seni pada Anak Usia Dini

Peran orang tua dalam pengembangan aspek seni sangat berpengaruh pada anak. Terlebih bagi anak usia dini. Hal ini karena aspek seni atau unsur kreativitas sangat dibutuhkan. Meningkatkan aspek tersebut bisa membuat anak menjadi kreatif dan mampu menghasilkan ide atau karyanya sendiri. Dengan begitu, anak-anak bisa tumbuh dengan banyak ide.

Namun, masih sedikit orang tua yang tampaknya benar-benar peduli terhadap perkembangan anak. Jika kamu salah satu orang tua yang peduli pada anak, maka kamu bisa membantu anak dalam meningkatkan aspek seni atau otak kanannya. Ada beberapa peran orang tua yang bisa dilakukan untuk membantu anak dalam bidang seni.

#1 Memberi Pujian dan Motivasi

Tidak sedikit orang tua yang menanggap seni adalah hal yang tidak seharusnya didalami. Tidak jarang juga orang tua yang melarang anaknya terjun dalam bidang seni. Padahal seni bisa memberikan banyak manfaat untuk seseorang. Mulai dari mengekspresikan perasaannya, berbagi kisah dan emosi, dan lain sebagainya.

Jadi, saat anak di usia dini mulai menunjukkan ketertarikan terhadap seni, kamu bisa membimbingnya agar dia menemukan bakatnya. Salah satu caranya adalah dengan memberi pujian. Saat anak menunjukkan kemampuannya yang belum matang, orang tua bisa memberikan sedikit pujian.

Pujian tersebut biasanya sangat berkesan pada anak-anak. Mereka akan lebih semangat dan termotivasi untuk menunjukkan kemampuan lainnya. Jangan menertawakan saat anak melakukan kesalahan. Mereka akan malu dan merasa tidak pantas di bidang tersebut.

#2 Memberikan Ruang Khusus pada Anak

Salah satu peran orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak adalah memberikan ruang khusus untuknya. Anak kamu pasti akan merasa senang saat kamu memperhatikan keinginannya untuk mengembangkan bakat lebih dalam. Kamu bisa menciptakan ruang khusus agar anak bisa melakukan eksperimen.

Hal ini tentunya tidak akan mengganggu konsentrasi anak dalam berkreasi. Orang tua pun tidak perlu khawatir ruangan akan kotor karena sudah dipisah. Tentunya ruangan khusus bisa membuat suasana lebih kondusif. Alhasil, anak akan bersikap positif terhadap lingkungan sekitarnya.

#3  Mendengarkan Pendapat Anak

Salah satu peran orang tua dalam pengembangan aspek seni adalah mendengarkan pendapat anak. Tidak sedikit orang tua yang tampaknya mengabaikan hal tersebut. Alhasil, anak akan merasa putus semangat dan tidak berani menunjukkan kemampuannya. Akibatnya, bakat anak bisa saja menjadi terpendam karena orang tua.

Oleh karena itu, saat anak ingin mengungkapkan pikirannya, jangan memotong pembicaraan. Hal yang paling penting adalah untuk tidak memaksakan anak mengikuti pendapat orang tua. Apalagi orang tua berusaha melecehkan pendapat anak dan mematahkan semangatnya. Saat dia menunjukkan bakatnya, maka terimalah bakat anak dalam bidang seni.

#4 Belajar Bersama Anak

Peran orang tua dalam mengembangkan bakat dan kreativitas anak adalah belajar bersama. Saat anak mulai menunjukkan ketertarikannya terhadap seni, sebagai orang tua kamu harus mendukungnya. Ajaklah si kecil untuk semakin mengenal bidang seni yang diminati. Dengan begitu, dia mulai merasa akan semakin suka terhadap seni tersebut.

Selain belajar bersama anak, orang tua juga wajib menjawab pertanyaan anak berkaitan dengan seni. Usahakan untuk memberi jawaban yang jelas sehingga rasa penasarannya terjawab. Karena seiring usia, anak akan semakin merasa penasaran dan ingin tahu tentang bidang seni yang dipelajarinya.

#5 Jangan Mendikte Anak

Orang tua terkadang terbiasa untuk mendikte anak dalam mengerjakan sesuatu. Misalnya, saat anak mewarnai, orang tua akan mendikte anak untuk mewarnainya dengan warna apa. Orang tua juga pasti akan memperingatkan anak untuk tidak melewati garis. Padahal, tindakan tersebut bisa membuat anak merasa terkekang, lho.

Peran orang tua dalam pengembangan aspek seni adalah membiarkan anak melakukannya sendiri. Namun, orang tua tetap harus mendampingi anak. Orang tua bisa memberitahu si kecil mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan. Dengan begitu, si kecil juga akan merasa bebas saat mengekspresikan pikirannya.

5 peran orang tua dalam pengembangan aspek seni di atas bisa kamu coba terapkan pada anak usia dini. Hal yang paling penting untuk menumbuhkan kreativitas anak adalah dengan mendukung dan memberinya semangat. Secara tidak langsung, bakatnya pun akan tumbuh dan terus berkembang nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *