Bahaya Narkoba pada Ibu Hamil

             Narkoba merupakan  singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan/zat yang jika dimasukKan dalam tubuh manusia, baik secara diminum, dihirup, maupun disuntik, yang dapat dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Obat-obatan terlarang seperti narkoba memiliki banyak dampak yang berbahaya bagi semua orang Apalagi? untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi narkoba akan membahayakan diri sendiri dan juga  janin yang sedang berkembang dalam kandungan ibu. 

       Mengkonsumsi narkoba dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti keguguran, komplikasi saat persalinan, bayi terlahir prematur, kelahiran cacat, gangguan perkembangan otak pada anak solusio plasenta, berat badan bayi lahir rendah, serta kelainan jantung dan otak bayi. dan masih banyak lagi. Ibu yang sedang dalam kondisi hamil memerlukan nutrisi  seperti Asam Folat hal ini Penting untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi yang kedua Zat Besi hal ini penting untuk membantu pembentukan sel darah merah pada ibu dan bayi. yang ketiga Kalsium hal ini penting untuk pembentukan tulang dan gigi bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu hamil. dan lain sebagainya dan yang pasti hal ini tidak terdapat pada narkoba.

       Apabila terjadi lahirnya bayi dari seorang ibu yang mengkonsumsi narkoba saat hamil sangat memungkinkan bagi bayi tersebut bisa mengalami berbagai masalah kesehatan dan juga memiliki banyak keterbatasan selama pertumbuhan dan perkembangannya dari segala aspek. Perlu ditanamkan pada semua ibu yang baik akan memberikan yang terbaik untuk anak, karena ibulah pendidikan pertama untuk anak. Karena itu, selain edukasi narkoba terhadap anak juga perlu edukasi terhadap orangtua agar selalu menanamkan pola hidup sehat untuk mencetak generasi yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *