Mengajarkan Perilaku Positif Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mendongeng Menggunakan Media Wayang Kertas

Mengajarkan perilaku positif kepada anak adalah salah satu hal yang sangat penting dalam upaya membentuk karakter dan kepribadian anak di masa depan. Kegiatan mendongeng menggunakan media wayang kertas merupakan salah satu cara kreatif serta efektif yang dapat dilakukan. Selain menyenangkan cara ini juga sangat mudah dilakukan oleh orang tua dirumah maupun guru di sekolah. Media yang digunakan pun sangat mudah ditemukan atau bahkan mudah dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Dengan begitu kita tidak perlu repot memikirkan cara untuk mengajarkan perilaku positif kepada anak. 

Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengajarkan perilaku positif pada anak melalui kegiatan mendongeng menggunakan media wayang kertas:

  1. Memilih tema cerita sesuai karakteristik anak

Tema cerita harus sesuai dengan anak usia dini, Hal ini bertujuan agar pesan yang ingin disampaikan dapat mudah diterima oleh anak. Selain itu, cerita yang diangkat mengandung nilai-nilai positif. Cerita tersebut dapat berupa fabel, persahabatan, kasih sayang, kejujuran, keberanian.

  1. Membuat media wayang kertas

Pada tahap ini, kita buat media untuk mendukung kegiatan mendongeng. Media ini terbuat dari bahan kertas atau karton yang dibentuk sesuai dengan hal yang disukai anak seperti hewan, kartun, dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar anak tidak bosan ketika mendengarkan dongeng.

  1. Menyiapkan lingkungan yang nyaman dan aman

Sebelum memulai kegiatan mendongeng, kita perlu menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak. hal yang perlu diperhatikan yaitu anak dapat duduk dengan nyaman sehingga pesan yang ada pada dongeng dapat tersampaikan.

  1. Mengemas cerita dengan Bahasa yang sederhana dan menarik

Menyiapkan naskah cerita yang menarik sesuai dengan pemahaman anak. Bahasa yang digunakan sederhana dan mudah dipahami.

  1. Menggunakan suara dan mimik wajah yang menarik

Saat mendongeng, sangat penting membedakan suara dan mimic wajah di setiap karakter yang dibawa. Hal ini untuk memudahkan anak untuk mengenali karakter tokoh pada dongeng.

  1. Melibatkan anak dalam kegiatan mendongeng

Mengajak anak untuk ikut serta dalam kegiatan akan meningkatkan ketertarikan anak untuk mendengarkan dongeng tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan atau mengajak anak bernyanyi pada bagian tertentu dalam dongeng.

  1. Menyampaikan nilai-nilai positif dengan jelas

Menyelipkan beberapa nilai positif pada dongeng sesuai dengan tema yang dibawakan.

  1. Melakukan tanya jawab dengan anak

Selesai mendongeng, tanyakan pada anak bagaimana kesan dan pesan setelah mendengarkan dongeng tersebut. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh pemahaman anak terhadap dongeng tersebut dan apakah pesan yang ingin disampaikan sudah tersampaikan atau belum,

Manfaat mengajarkan perilaku positif melalui kegiatan mendongeng menggunakan media wayang kertas, sebagai berikut:

  1. Mengenalkan nilai positif pada anak usia dini
  2. Meningkatkan kreativitas anak usia dini
  3. Meningkatkan kemampuan Bahasa pada anak usia dini
  4. Memberikan pembelajaran melalui contoh
  5. Meningkatkan imajinasi anak usia dini
  6. Meningkatkan konsentrasi pada anak 

Mengajarkan perilaku positif pada anak melalui kegiatan mendongeng menggunakan media wayang kertas merupakan salah satu pendekatan yang efektif dan menyenangkan untuk menstimulasi pembentukan karakteristik dan kepribadian anak usia dini. Dengan kreatifitas, orang tua satupun guru dapat memberikan dampak positif untuk anak dalam perkembangannya di masa golden age ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *