Memupuk Perilaku Gemar Menabung Pada Anak Usia Dini

Pembiasaan perilaku gemar menabung dapat dilakukan pada anak sejak usia dini. Hal ini tentu saja dapat diawali dengan hal yang paling sederhana yaitu dengan cara menanamkan sikap disiplin terhadap keuangan. Manfaat yang didapatkan ketika mereka sudah menginjak usia dewasa adalah mereka akan terbiasa dalam mengatur keuangan.

Meskipun membiasakan perilaku gemar menabung merupakan hal yang tidak mudah. Namun, dengan bantuan orang tua serta kesabaran maka tentu saja hal ini akan berhasil.

Beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membiasakan perilaku gemar menabung pada anak adalah sebagai berikut:

  1. Mengajak anak untuk bermain roleplay dengan latar tempat seperti pusat perbelanjaan, pasar, warung, toko. Sebelum itu orang tua haruslah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan seperti toko mainan, uang mainan ataupun uang palsu. Dengan begitu orang tua dapat memperkenalkan fungsi dari uang tersebut yaitu sebagai alat tukar. Selain itu orang tua dan anak juga dapat memperagakan seorang penjual dan pembeli saat bertransaksi menggunakan uang. Permainan ini dapat bermanfaat untuk mengenalkan pada anak cara mengelola uang dengan baik. Orang tua dapat memberikan wawasan pada anak bahwa haruslah menggunakan uang dengan bijak sesuai kebutuhan, menyisihkan sedikit uangnya untuk ditabung. Ini merupakan salah satu cara mengenalkan konsep menabung pada anak usia dini.
  2. Melibatkan anak dalam melakukan kegiatan transaksi menggunakan uang. Contoh yang bisa orang tua lakukan adalah mengajak anak ke tempat perbelanjaan dan memberikannya kesempatan untuk melakukan pembayaran sendiri. Hal tersebut dapat memberikan wawasan pada anak cara penggunaan uang.
  3. Memberikan hadiah berupa sebuah celengan pada anak. Ketika anak sudah mengenal konsep menabung maka tugas orang tua selanjutnya adalah mendorong perilaku gemar menabung pada anak dengan memberikannya celengan dan memberi contoh agar mengisi celengan tersebut dengan uang setiap hari. Saat ini, bentuk dan motif celengan sangat beraneka ragam. Dengan memberikan celengan bermotif kesukaan anak akan lebih mudah bagi mereka tertarik pada hal tersebut.
  4. Bercerita hal yang berkaitan dengan gemar menabung. Bercerita atau mendongeng merupakan salah satu cara yang tepat bagi orang tua untuk menanamkan perilaku gemar menabung pada anak. Misalnya cerita tentang kehidupan orang kaya yang didapatkan dari hasil menabung. Hal ini dapat memotivasi anak agar rajin menabung.
  5. Menggunakan sistem imbalan. Salah satu dorongan yang dapat dilakukan orangtua yaitu dengan sistem imbalan. Anaka akan mendapat sedikit imbalan atau pujian ketika mereka dapat mencapai target tabungan mereka. Hal ini memberikan motivasi anak agar rajin menabung.
  6. Mengajak anak mengunjungi salah satu lembaga keuangan untuk mengamati orang-orang yang sedang melakukan kegiatan di lingkungan bank. Selain itu, kita juga dapat mengajak anak bertanya lebih jauh mengenai bank kepada orang yang lebih faham seperti pegawai bank, teller, ataupun satpam.

Menabung merupakan suatu kegiatan yang sederhana namun berdampak besar pada kehidupan di masa depan, kebutuhan darurat dan jangka panjang. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan anak menabung. Menabung dapat memberikan banyak sekali manfaat selain untuk membiasakan seseorang untuk mengatur keuangan yang efektif menabung juga dapat menghindarkan kita dari hutang, memiliki sikap disiplin finansial, tidak cemas terhadap kebutuhan di masa depan, tidak stress terhadap masalah keuangan,  keuangan menjadi stabil dan kehidupan menjadi aman secara finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *