Kamu Nanya Pentingnya Edukasi Narkoba Sejak Dini?

Diera digital saat ini banyak hal yang terjadi diluar pengawasan orang tua, anak mendapat pendidikan atau pengetahuan yang belum sewajarnya diperoleh dari dunia luar. Anak ketergantungan terhadap suatu hal belum tentu memiliki efek positif bagi kehidupannya baik dimasa sekarang ataupun kedepannya nanti. Salah satu hal yang dapat kita singgung disini adalah perihal penyebaran narkoba yang semakin marak dan mengancam masyarakat diluar sana.

Hal ini berlaku tidak hanya pada kalangan orang dewasa, tetapi juga pada tingkatan anak-anak. Seperti dilansir dari salah satu artikel pada tahun 2023 bahwa ditemukan balita berusia 3 tahun di salah satu daerah di Kalimantan yang terbukti positif narkoba. Maka dari itu, sebagai orang tua hendaknya harus lebih waspada dan selalu memberikan pengawasan agar anak tidak terseret pada kegiatan yang merugikan diri dan masa depannya.

Peran keluarga, terutama orangtua sangat penting dalam memberikan edukasi pada anak terkait bahaya narkoba. Diawali oleh rasa penasaran, anak akan semakin ingin tahu terhadap suatu hal yang belum tentu baik bagi dirinya. Sebagai orang tua hendaknya sampaikan informasi terkait apa yang anak-anak ingin ketahui dengan memberikan contoh pada kehidupan sehari-harinya.

Beberapa hal atau tindakan yang bisa dilakukan orangtua dalam upaya memberikan edukasi pada anak, diantaranya:

  1. Character building

Karakter anak terbentuk sebagaimana cara orangtua mendidik mereka sejak usia dini. Pentingnya pembentukan karakter ini yang nantinya akan menjadi modal bagaimana anak kedepannya, apabila pendidikan karakter yang dibuat dan dibentuk oleh orangtua sejak mereka kecil berhasil maka kedepannya anak akan selalu menerapkan itu hingga mereka dewasa nanti. Sebagai dasar, tanamkan pada diri anak untuk selalu menerapkan kata ajaib dalam keseharian seperti meminta maaf ketika melakukan kesalahan, meminta tolong apabila butuh bantuan, berterimakasih apabila telah ditolong dan masih banyak kata ajaib lainnya.

  1. Budaya hidup sehat

Sejak kecil biasakan dan beri edukasi terkait pentingnya menjaga kesehatan agar anak menghindari hal-hal yang dapat merusak tubuhnya. Seperti contoh, biasakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan rajin berolahraga dan teratur mengkonsumsi makanan serta minuman yang sehat. Selain itu, berikan pemahaman untuk selalu menjaga kesehatan sebagai sebuah rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas diberikannya tubuh yang sempurna.

  1. Orangtua sebagai sumber Informasi dan Role model

Peran paling penting adalah tanamkan dalam diri anak bahwa segala sesuatu informasi yang didapat hendaknya selalu ditanyakan kembali kepada orangtua. Hal ini memberikan pengertian agar anak selalu terbuka terkait segala informasi yang didapat dan selalu beranggapan bahwa informasi yang benar dan konkrit adalah berasal dari orangtua, tentunya hal ini menghindari adanya penyalahgunaan informasi yang didapat oleh anak dari dunia luar sana.

Selain itu, hal yang utama lainnya adalah orang tua sebagai sosok role model dalam kehidupan anak. Anak sendiri merupakan sosok peniru yang ulung, segala sesuatu dan perilaku anak merupakan hasil bagaimana orang sekitar memberikan contoh baik secara langsung atau hanya dari pengamatan anak. Maka, peran orangtua sebagai role model  adalah salah satu cara penting yang akan menuntun dan membentuk bagaimana anak tumbuh dan berkembang kedepannya.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan terkait pentingnya Edukasi Narkoba Sejak Dini. Kedepannya sebagai orangtua maupun sosok masyarakat luas, hendaknya kita selalu menyampaikan informasi terkait bahaya Narkoba entah bagi anak, remaja, orang dewasa. Jangan biarkan orang terdekatmu mencari jalan pelampiasan yang salah.

Penulis : Safira Ramadhanti Kurnia Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *