Document

>> https://bit.ly/digitalyd

Educandy adalah aplikasi berbasis web yang memiliki slogan  ‘making learning sweeter’ (membuat belajar lebih manis). Educandy dapat digunakan untuk membuat permainan daring yang menyenangkan. Permainan yang dibuat masih dalam konteks belajar tetapi tidak membosankan. Permainan ini dapat diberikan ketika pembelajaran tatap muka di kelas maupun saat PJJ daring atau luring. Permainan biasanya disukai dan sering dimainkan oleh peserta didik ketika merasa bosan, jenuh atau stres. Adanya permainan edukasi membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan mengasyikkan. Berikut ini adalah panduan membuat permainan di educandy.

Sebelum membaca panduan pembuatan permainan di educandy, alangkah baiknya untuk mencoba  permainannya, agar merasakan sensasi dan asyiknya belajar menggunakan permainan di educandy. Ada 3 permainan yang sudah penulis buat yaitu matching pairswords dan quiz question. Untuk permainan matching pairs silahkan klik https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=551d3;  ada 5 macam permainan di matching pairs yaitu noughts & cross, crosswords, match-up, memory dan multiple choice.  Untuk permainan words klik  https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=54751; ada 3 macam permainan di words yaitu word search, hangman dan anagrams. Sedangkan untuk quiz silahkan klik https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=551e0; di sini hanya ada 1 jenis permainan yaitu multiple choice.

Panduan membuat permainan di educandy adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke web https://www.educandy.com/  kemudian klik tiga garis yang ada di pojok kanan atas, maka akan muncul tulisan create your first activityapps dan sign in.
  2. Bila ini adalah kunjungan pertamamu untuk membuat permainan di educandy maka klik create your first activity maka muncul kotak pengisian: username (isi terserah), email (isi), lalu klik register. Lalu buka email yang digunakan untuk register lakukan konfirmasi. Untuk yang sudah register, klik sign in dan isi kotak  username atau email ketika register, isi password dan klik login.
  3. Ada tiga jenis permainan yang bisa dibuat yaitu words (permainan kata), matching pairs (mencocokkan), dan quiz question (pertanyaan quiz). Di sini penulis akan menjelaskan satu persatu dimulai dari permainan words. Silahkan klik words.
  4. Setelah klik words akan muncul dua buah kotak kosong bertuliskan Your Activity Name (isi sesuai dengan materi pembelajaran, disini penulis isi ‘Hari Akhir’) kemudian Your Activity Subject (isi sesuai mata pelajaran, misal Akidah Akhlak), klik create. Isi kotak putih bertuliskan word, klik add word, lakukan  berulang kali sebanyak kata yang diinginkan. Setelah selesai, scroll ke bawah sehingga ada tulisan play activity, maka kata-kata yang sudah dibuat, dapat dimainkan dengan tiga cara yaitu word search, hangman dan anagrams, seperti berikut ini:


    Di setiap permainan ada perhitungan waktu, musik, dan score (nilai).
  5. Untuk membagikan permainan words ini ke peserta didik silahkan scroll ke bawah sampai ada tulisan Share Activity lalu copy url yang ada di kotak url atau code yang ada.
  6. Untuk membuat permainan matching pairs klik matching pairs, akan muncul dua kotak kosong seperti pembuatan words, isi, klik create. Isi kotak putih bertuliskan word (question) dengan pertanyaan, dan match (answer) dengan jawaban, klik add pair, lakukan  berulang kali minimal sembilan pasang pertanyaan dan jawaban. Setelah selesai, scroll ke bawah sehingga ada tulisan play activity, maka pasangan pertanyaan dan jawaban yang sudah dibuat, dapat dimainkan dengan lima cara yaitu noughts & crosses, crosswords, match-up, memory dan multiple choice,  seperti berikut ini:
  7. Untuk membagikan permainan matching pairs ke peserta didik, silahkan scroll ke bawah sampai ada tulisan Share Activity lalu copy url yang ada di kotak url atau code yang ada.
  8. Untuk quiz question, klik quiz question akan muncul dua buah kotak kosong seperti pembuatan words, isi, klik create. Isi kotak putih bertuliskan question dengan pertanyaan, answer dengan jawaban yang benar, red herring 1, 2 & 3 untuk jawaban salah atau pengecoh,  klik add question, lakukan  berulang kali sebanyak soal yang diinginkan. Setelah selesai, scroll ke bawah sehingga ada tulisan play activity, maka quiz  yang sudah dibuat, dapat dimainkan.
  9. Silahkan Share Activity lalu copy url yang ada di kotak url atau code yang ada ke peserta didik.
  10. Pada permainan words dan matching pairs, peserta didik diberi kebebasan memilih permainan sesuai keinginannya.