Menstimulasi Aspek Perkembangan Agama, Moral, dan Budi Pekerti Anak Melalui Pembiasaan Gemar Menabung

Menabung dalam Islam merupakan satu diantara upaya berjaga-jaga, selain itu juga sebagai bagian dari upaya pengelolaan keuangan pribadi. Dengan menabung berarti kita memiliki perspektif waktu jauh ke depan. Menabung juga sebuah kebiasaan yang harus dikenalkan oleh guru atau orangtua pada anak sedini mungkin. Gemar menabung dapat menjadi satu di antara stimulus dalam meningkatkan aspek perkembangan agama, moral, dan budi pekerti anak. Diantaranya :

  • Mengoptimalkan pendidikan moral dan agama

Pendidikan moral dan agama sangat penting bagi perkembangan anak, dan dapat membantu menanamkan nilai-nilai moral dan agama yang baik. Guru dapat mengajarkan anak tentang pentingnya menabung dan bagaimana menabung secara bijak.

  • Melatih budi pekerti anak

Sikap Disiplin dan bertanggung jawab terhadap uang yang dimilikinya. Anak dapat diajarkan untuk menabung sejak dini, dan hasil tabungannya dapat digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat atau disumbangkan untuk orang yang membutuhkan. 

  • Menanamkan akhlak yang baik

Menabung juga merupakan bagian dari pembiasaan akhlak yang baik dalam hal jujur dalam mengelola uang jajan yang diberikan oleh orangtua.

seperti pada gambar yang tertera itu merupakan kegiatan outing class dengan tema berhemat, dimana murid-murid akan diberikan uang masing-masing sebesar 10.000 dan boleh dibelanjakan bebas dengan syarat harus ada sisa uang kembalian dengan nominal bebas juga, jadi setelah murid-murid berbelanja akan dicek berapa uang yang dihabiskan dan berapa uang sisa. kemudian dari semua murid akan dinilai mana murid yang paling hemat dan paling boros. setelah itu disampaikan inti dari kegiatan tersebut adalah murid diajak untuk bisa bijaksana dalam mengelola uang, memiliki budi pekerti yang baik, serta bisa hemat dalam berbelanja.

Mendidik, memotivasi, dan memberdayakan anak untuk menjadi penabung dan investor yang baik perlu dilakukan sedini mungkin. Anak akan lebih memahami nilai dari proses mendapatkan uang dan terdorong untuk selalu menabung. Hal ini sesungguhnya akan berorientasi pada bagaimana anak di masa depan, juga akan menolong keuangan keluarga sendiri. Konsep pendidikan nilai agama dan moral berkaitan dengan perilaku yang dapat membedakan perbuatan yang baik dan perbuatan yang tidak baik. Perilaku berarti sebuah tindakan nyata seseorang yang sesuai dengan aturan akal pikiran. Pada anak usia dini nilai agama dan moral dapat diterapkan kepada anak melalui pembiasaan menabung.

Dalam islam ada beberapa cara menyimpan uang yang aman salah satunya yaitu di tempat yang paling aman adalah di bank, nah tepat pada tanggal 5 Juli yang diperingati sebagai hari Bank Indonesia. Sehingga dengan menstimulasi aspek perkembangan agama, moral dan budi pekerti anak melalui pembiasaan gemar menabung dapat mengenang dan mengapresiasi kontribusi Bank Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *