Mengapa Peran Keluarga dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada Anak Usia Dini Sangat Penting?

Keluarga pada hakekatnya merupakan pendidikan pertama bagi seorang anak, oleh karena itu dalam lingkungan keluarga khususnya peran orang tua harus dapat melindungi, serta memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap anggota keluarga terutama pada anak usia dini. Anak usia dini pada hakekatnya merupakan masa emas dimana segala aspek perkembangannya harus dikembangkan serta mereka adalah generasi penerus bangsa, oleh sebab itu pola asuh yang diberikan harus sesuai sebab jika kurang tepat akan mempengaruhi di perkembangan selanjutnya. Peran Keluarga dalam perkembangan anak salah satunya juga perlunya membentengi pengaruh lingkungan luar, karena saat ini perkembangan zaman semakin maju. Dengan perkembangan yang terus maju tidak sedikit sejumlah efek pengaruh negatif yang menyerang, salah satunya ialah peredaran narkoba yang merajalela. 

Faktanya saat ini banyak sekali penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Indonesia yang tidak bisa kita sangkal, dimana penyebaran narkoba saat ini tidak hanya menyebar pada kalangan orang-orang dewasa, tetapi di kalangan anak-anak sekolah salah satunya dikalang taman kanak-kanak. Dengan begitu peran keluarga dalam kasus ini sangatlah penting untuk melindungi generasi penerus bangsa, orang tua harus menanamkan nilai-nilai moral kepada anak sejak dini supaya nantinya anak bisa terjauh dari hal-hal yang tidak diharapkan. Selain itu orang tua dalam melindungi anak dari penyebaran narkoba bisa memulai dengan memberikan pengertian kepada anak mengenai apa itu narkoba,bahaya narkoba. Maka dari itu komunikasi antara anak dan orang tua harus terjalin harmonis supaya anak tetap merasakan adanya kasih sayang dan pengawasan dari orang tua. Narkoba pada dasarnya memiliki dampak negatif bagi seseorang yang menggunakannya, dengan menggunakan narkoba seseorang akan kecanduan yang berakibat merusak organ tubuh. Sebab dari sinilah penting bagi orang tua untuk mengetahui mengenai bahaya narkoba supaya orang tua dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

Saat ini pun penyebaran narkoba dapat melalui makanan, minuman dll. Dari sinilah orang tua perlu berhati-hati dan waspada, orang tua juga perlu pemberian pengertian pada anak supaya anak tidak sembarang menerima segala bentuk dari orang asing maupun orang terdekat. Menjaga serta memelihara komunikasi dan kedekatan emosional dengan anak dengan baik harus terus terjalin dan terjaga, sebab pada dasarnya seseorang yang terjerumus narkoba ia merasa adanya kurang kasih sayang, serta tidak adanya pengawasan dari orang terdekatnya, maka dari itu dia bisa terjun ke hal-hal yang terlarang. Dengan adanya komunikasi anggota keluarga yang terjalin harmonis serta pola asuh yang baik, maka bisa dipastikan tidak adanya ruang untuk narkoba merusak generasi penerus bangsa. Disinilah letak pentingnya peran keluarga dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba pada anak usia dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *