Tips Membiasakan Anak Agar Suka Menabung

Mungkin bagi sebagian anak menabung merupakan kegiatan yang sangat dihindari, karena mereka beranggapan mending uangnya buat beli jajan agar perut kenyang daripada ditabung, maka dari itu yuk kita ajari anak untuk menabung meskipun terlihat sulit dilakukan tapi jika Konsisten pasti akan membuahkan hasil. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak menabung yaitu: 

  1. Mengenalkan kegiatan menabung kepada anak

Kegiatan pengenalan menabung sangat penting dilakukan agar anak memahami apa itu menabung. Kegiatan pengenalan ini bisa juga diisi dengan menjelaskan dan tanya jawab dengan anak tentang manfaat menabung. 

  1. Memberikan contoh kepada anak 

Disini peran orang tua sangat diperlukan karena orang tua lah yang bisa menjadi motivasi bagi anak untuk menabung 

  1. Membelikan celengan 

Dengan membelikan celengan maka akan membuat anak antusias untuk menabung karena banyak bentuk celengan yang lucu dan disukai anak. Orang tua juga bisa mengajak anak saat membeli celengan agar anak bisa memilih celengan yang dia inginkan. Jika anak suka dengan celengannya tentu saja anak akan semakin bersemangat menabung. 

  1. Tidak membelikan sesuatu yang anak inginkan secara spontan 

Hal ini dilakukan agar anak tidak memiliki sifat pemarah, tantrum bahkan apapun yang dia inginkan harus dikabulkan, tapi orang tua sebaiknya mengajarkan sikap jika ingin membeli sesuatu maka bisa dilakukan dengan cara menabung uang terlebih dahulu agar anak juga memiliki sifat sabar. 

  1. Saat di sekolah guru juga bisa menyiapkan mesin menabung yang unik

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh guru agar anak semangat menabung yaitu menyiapkan mesin menabung unik misalnya bentuk ATM, jadi jika anak akan menabung maka dia harus memasukkan kartu, pin, kemudian uang mereka. Hal ini dilakukan agar anak antusias menabung

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan oleh orang tua maupun guru untuk membuat anak gemar menabung, kenapa sih harus membiasakan anak menabung? Tentunya banyak manfaat yang akan diperoleh melalui kegiatan gemar menabung seperti 

  1. Anak akan lebih menghargai uang 

Dengan menabung maka anak akan belajar menghargai uang, anak akan mengerti bahwa harus memanfaatkan uang dengan baik tidak menghamburkan uang. 

  1. Mengajarkan anak untuk hemat 

Jika anak mempunyai rutinitas menabung tentunya mereka akan selalu menyisihkan uang jajannya untuk ditabung, hal inilah yang membuat anak hemat tidak menghabiskan semua uang jajannya. 

  1. Melatih kesabaran anak 

Hasil dari menabung tidak dapat langsung diambil oleh anak tetapi harus menunggu sampai jangka waktu tertentu seperti 1 bulan bahkan sampai tahunan. Waktu menunggu inilah yang dapat mengajarkan kesabaran pada anak sehingga anak tidak mempunyai sikap apapun yang dia inginkan harus selalu dituruti.

  1. Menjadikan anak disiplin dan bertanggung jawab 

Kegiatan menabung mampu membuat anak mempunyai sikap disiplin dan bertanggung jawab karena anak seperti mempunyai kewajiban yang harus dilakukan yaitu menabung hal inilah yang mendorong anak untuk bertanggung jawab dengan kewajibannya yaitu menabung. Sekali lagi Yuk ajari anak untuk menabung sejak dini dengan mengikuti beberapa tips di atas, selamat mencoba semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *