Memulai Menabung Sejak Dini Menggunakan Celengan


Menabung merupakan kegiatan yang mengajarkan kita untuk mengatur dan mengelola keuangan dengan bijaksana. Dengan menyisihkan uang saku kita dapat berlatih menabung sedikit demi sedikit. Terdapat pepatah bahwasannya sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Dari situ kita akan terbiasa dan akan gemar menabung. Saat kita gemar berarti kita menyimpan sebagian dari penghasilan atau pendapatan kita untuk digunakan di masa yang akan datang. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat dan menjadi kebiasaan yang baik untuk mencapai kesejahteraan finansial.

Agar gemar atau rajin menabung, kegiatan ini perlu membentuk kegiatan menabung sejak dini. Anak usia dini harus dikenalkan kebiasaan menabung ini. Memulai dari menyisihkan Sebagian kecil uang saku yang diberikan oleh orang tua dan ditingkatkan secara bertahap seiring dengan uang saku yang disisihkan, sehingga saat mereka dewasa kegiatan menabung sudah terbiasa baginya.

Orang yang gemar menabung dapat memanfaatkan berbagai produk perbankan, seperti tabungan, deposito, atau reksa dana, untuk memperoleh manfaat dari bunga atau keuntungan investasi. Anak usia dini pun juga sudah bisa menggunakan produk perbankan tersebut. Namun, untuk memulai menabung dapat menggunakan celengan untuk menyimpan uang. 

Ada banyak macam celengan, ada yang terbuat dari tanah liat, plastic, maupun kertas. Dan bentuk-bentuk dari celengan ada berbagai bentuk seperti bentuk hewan-hewan, bentuk atm mini, bentuk buah-buahan, dan masih banyak lagi. Sehingga anak dapat tertarik dengan berbagai bentuk celengan untuk berlatih menabung.  

Semakin awal kita memulai menabung, semakin besar pula manfaatnya di masa mendatang. Gemar menabung bukan hanya tentang mempersiapkan kebutuhan finansial pribadi, tetapi juga merupakan bentuk tanggung jawab kita terhadap masa depan yang lebih stabil dan cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *