Drumband Bagi Anak Usia Dini

Melatih bermain musik pada anak usia dini berfungsi untuk mengembangkan motorik anak, sebab di dalamnya terdapat koordinasi antara tangan, kaki, dan diperlukan konsentrasi anak. ketika anak bermain alat musik pukul seperti drum, ia akan berusaha menyelaraskan ketukan dengan irama, sehingga bermain alat musik memiliki banyak manfaat bagi perkembangan fisik dan motorik anak.

Pembelajaran musik merupakan program yang umumnya ada di lembaga TK, anak-anak diajarkan untuk peka terhadap keselarasan suara dan membuat anak mampu mengekspresikan perasaannya melalui alunan musik yang indah. Alat musik drumband sendiri merupakan sekelompok orang yang memainkan satu atau lebih lagu dengan berbagai instrumen, ada tiup, perkusi, dan beberapa drum yang dipukul. Salah satunya yang dapat dirasakan saat bermain drumband ini ialah memberikan rasa kepercayaan diri dari tiap anak yang bermain dan saling bekerja sama dalam setiap penampilan

Kmemapuan disiplin juga bisa dilatih dalam drumband ini meliputi bergilir mengambil  drum, mengambil drum tanpa bantuan orang lain, mendengarkan dan mengikuti   instruksi   guru,  memukul sesuai irama, dan mengembalikan drum ke tempatnya dengan disiplin. Hal ini menggunakan penjelasan, dan  penalaran  untuk membantu   anak   mengerti   perilaku disiplin yang diharapkan. Disiplin disini lebih menekankan kepada penghargaan terhadap siswa, terdapat hukuman didalamnya namun tidak pernah keras. Penerapan disiplin terlihat saat permainan drumband ini dilaksanakan yaitu ketika anak dapat memukulkan stik ke lantai sesuai dengan hitungan yang diinstruksikan oleh guru maka bagi anak yang sesuai insrtuksi bentuk penghargaannya anak dapat mengambil drum  lebih  dulu.  Jadi  dengan  begitu  bagi  anak  yang  belum  benar  akan  termotivasi  supaya hitugannya  benar  sehingga  dapat  mengambil  drum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *