Remaja Tolak Narkoba Apakah Sanggup ?

C:\Users\ASUS\Downloads\WhatsApp Image 2023-07-23 at 20.56.43.jpeg

Apakah ada pengaruh antara penggunaan narkoba dengan tumbuh kembang khususnya pada usia remaja saat ini? Pertanyaan tersebut sangatlah penting untuk dicari penjelasan dan kesimpulannya, karena masalah penyalahgunaan narkoba cukup membahayakan untuk remaja dimana usia masih pelajar. Adanya kandungan narkoba yang berbahaya dengan tingkat golongan yang berbeda-beda, dan biasanya narkoba dibungkus dalam bentuk yang mudah dibawa dan biasa berukuran kecil. Resiko jika mengkonsumsi narkoba tidak hanya di bidang kesehatan saja melainkan akan menimbulkan dampak negatif yang akan berpengaruh di dalam kehidupan.

Tumbuh kembang merupakan sebuah proses yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Tumbuh kembang dari perubahan satu fase ke fase berikutnya yang berlangsung secara berkesinambungan tetapi tidak terjadi secara bersamaan. Tumbuh kembang yang paling mencolok terjadi pada masa kanak-kanak dan remaja.

Tumbuh kembang pada masa remaja dipengaruhi beberapa faktor, salah satu yaitu dari lingkungan sosial. Lingkungan sosial terdiri dari keluarga, teman sebaya dan sekolah, serta masyarakat sekitar. Dari lingkungan sosial adanya faktor-faktor yang meningkatkan resiko penyalahgunaan narkoba pada remaja.

Pertama pengaruh lingkungan keluarga yaitu dengan adanya komunikasi yang buruk, adanya salah satu anggota keluarga yang menggunakan narkoba itu akan cenderung meningkatkan resiko usia remaja juga terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Di lingkungan keluarga harus adanya pengawasan yang lebih dari orang tua dan perhatian serta hubungan yang sehat agar faktor negatif tidak akan terjadi. Kedua pengaruh lingkungan teman sebaya dan sekolah yaitu jika terlibat kelompok teman yang menggunakan narkoba dan dukungan sosial yang kurang sehat, maka sekolah wajib memberikan pendidikan tentang bahaya narkoba dan menyediakan kegiatan yang positif maka akan mencegah penyalahgunaan narkoba. Ketiga pengaruh lingkungan masyarakat yaitu adanya tingkat kekerasan yang tinggi, kurangnya tempat yang aman, serta dukungan dan sumber daya yang memadai bagi remaja. 

Pertumbuhan pada remaja biasa terjadi pada umur 12 hingga 18 tahun dengan pertumbuhan fisik yang terjadi dalam waktu yang cukup singkat. Usia remaja ini tergolong rentan terhadap penyalahgunaan narkoba karena di usia inilah sedang terjadi tumbuh kembang dan menemukan pencarian jati diri. Remaja di usia ini biasanya masih labil dan jika dipengaruhi oleh pengaruh yang kurang baik maka akan ikut berdampak negatif, namun jika pemahaman dari pentingnya pengetahuan tentang narkoba diberikan dan diterima dengan baik maka di usia remaja tidak terjadi penyalahgunaan narkoba yang akan membahayakan generasi penerus ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *