Anak Indonesia, Anak kreatif, Aktif, dan Inovatif

Maju tidaknya sebuah bangsa tidak bisa lepas dari  peran generasi penerusnya. Anak Indonesia merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijamin semua pemenuhan hak dan perlindungannya. Anak-anak kelak akan tumbuh dan berkembang untuk menjadi penerus bangsa, pemimpin, dan menjadi sosok-sosok penting untuk turut serta membangun bangsa Indonesia tercinta. Kehadiran dan keikutsertaan anak-anak sebagai bagian dari elemen masyarakat sama pentingnya dengan kehadiran orang dewasa.  Oleh karena itu, setiap tanggal 23 Juli diperingati hari anak nasional. Hal ini sebagai upaya penjaminan hak-hak yang dimiliki oleh anak-anak, yaitu hak tumbuh kembang, hak untuk hidup, serta hak berpartisipasi sesuai enggan harkat dan martabat serta hak untuk mendapatkan perlindungan.

Anak merupakan salah satu aset penerus cita-cita perjuangan bangsa Indonesia. Karenanya anak-anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian berlandaskan pancasila, kecerdasan, kreatifitas, dan memiliki semangat kebangsaan agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan usianya serta menjadi manusia yang berjiwa pancasila dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan adanya peringatan Hari Anak Nasional, akan meningkatkan kesadaran semua pihak terkait pentingnya pemenuhan hak-hak yang dimiliki seorang anak. oleh karena itu, setiap tahunnya peringatan hari anak nasional wajib dilakukan disetiap lembaga sekolah. Peringatan hari anak nasional juga memiliki tema yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Hari Anak Nasional 2023 memiliki tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. 


Peringatan hari anak nasional bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan, salah satunya yaitu melalui kegiatan pentas seni. Pentas seni merupakan salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan kreativitas, keaktifan anak, serta inovasi anak. dalam kegiatan pentas seni, anak-anak dibebaskan untuk mengekspresikan dirinya melalui pertunjukan musik, tari, teater, atau drama. Hal tersebut juga memiliki peran penting dalam perkembangan anak. untuk peringatan hari anak nasional, kita bisa mengajak anak-anak untuk menampilkan pentas seni terkait dengan perlindungan anak. beberapa manfaat petas seni untuk anak yaitu :

  1. Terbiasa mengekspresikan diri

Pentas seni memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengekspresikan dirinya dengan kreatif. Anak dapat menunjukkan keterampilan, bakat, dan perasaanya melalui pentas seni yang ditampilkan, bisa berupa nyanyian, tarian, drama dan lain-lain. Melalui pentas seni juga bisa mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi yang dimiliki oleh anak-anak. 

  1. Mengembangkan keterampilan motorik

Latihan gerakan panggung dapat meningkatkan keterampilan motorik halus dan motorik kasar anak. misalnya melalui kegiatan gerak dan lagu atau menai dapat meningkatkan koordinasi gerakan dan sensori anak.

  1. Menstimulasi kreatifitas

Pentas seni akan membuat anak terbiasa untuk bepikir out-of-the-box, menuangkan ide-ide, dan mengembangkan ide-ide yang sudah ada. Hal ini akan membantu anak untuk terbiasa menyampaikan ide yang dimiliki, seta terbiasa berpikir kreatif dan inovatif. 

  1. Meningkatkan kemampuan sosial emosional 

Pentas seni melibatkan kerja sama aktif dan kolaborasi antar anak-anak. anak-anak akan belajar bekerja kelompok, dan berkomunikasi dengan teman sebayanya. Hal ini akan meningkatkan jiwa sosial anak yaitu mampu berbagi, bekerja sama, serta menumbuhkan sifat empati. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *