YOGA KIDS : Aktifitas Segudang Manfaat untuk Anak

Tidak hanya untuk orang dewasa, nyatanya yoga juga boleh dilakukan oleh anak-anak. Yoga kids merupakan salah satu cara kreatif untuk memberikan latihan anak melakukan gerakan, pengaturan nafas, serta aktivitas jasmani untuk yang dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. saat melakukan yoga, anak-anak belajar mengkoordinasikan gerakan dengan benar. Selain itu, yoga juga bisa meningkatkan fisik anak, mempengaruhi keseimbangan metal, emosi, serta intelektual anak. yoga dapat dipelajari oleh anak-anak untuk membangun daya tahan dan kelenturan. Hal tersebut sangat penting untuk tumbuh kembang anak di masa dewasannya nanti. Mengingat anak usia dini mengalami perkembangan yang sangat cepat di segala aspek jadi yoga akan memberikan dampak yang baik untuk perkembangan anak kedepannya. 


Berbeda dengan yoga untuk orang dewasa, yoga untuk anak-anak menggunakan gerakan yang lebih sederhana dan disesuaikan dengan kondisi anak-anak. gerakan-gerakan harus dibuat sesederhana mungkin agar mudah ditirukan oleh anak, serta gerakan yang menyenangkan dan menarik. Alasannya, karena anak-anak kecil belum bisa mengkoordinasikan tubuhnya untuk gerakan yang rumit. Yoga untuk anak tampak seperti bermain. anak-anak biasanya diajak untuk berimajinasi saat bergerak sehingga memudahkan mereka untuk mengikuti setiap gerakan yoga. Gerakan-gerakan yang cocok untuk anak yaitu gerakan menirukan hewan-hewan lucu seperti beruang, kupu-kupu, dan tikus, gerakan mengikuti bentuk pohon, serta gerakan-gerakan lain yang sesuai dengan karakter anak dan pastinya gerakan-gerakannya memberikan manfaat yang baik untuk anak. 

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan mengalami tumbuh kembang yang sesuai dengan tahapan usianya. Namun sayangnya, tidak semua anak mau melakukan aktivitas fisik atau olehraga. Yoga kids merupakan solusi yang tepat untuk mengajak anak melakukan aktivitas fisik yang pastinya memiliki segudang manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yoga untuk anak :

  1. Meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan anak seta memperlancar sirkulasi darah yang baik untuk kesehatan anak. 
  2. Mengasah daya imajinasi yang dimiliki oleh anak. melakukan gerakan-gerakan yang menarik seperti  hewan, tumbuhan dan benda-benda lainnya sambil membayangkan wujud aslinya, akan meningkatkan daya imajinasi anak.
  3. Meredakan stres. Gerakan-gerakan yoga akan membuat anak berfikir rileks dan memiliki emosi yang stabil. Selain itu, yoga bisa membuat anak lebih tenang data menghadapi situasi yang memunculkan rasa cemas.
  4. Meningkatkan fokus dan konsentrasi anak 
  5. Melalui gerakan yoga akan meningkatkan motorik kasar dan halus anak 
  6. Meningkatkan kepercayaan diri 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *