Pentingnya Mengenalkan Alat Musik Sejak Dini

Anak usia dini merupakan anak usia 0-6 tahun, pada tahap ini anak-anak mengalami masa golden age (masa keemasan) yaitu mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Pada masa ini anak-anak mengalami perkembangan kecerdasan dan perkembangan di berbagai aspek yang kompleks dan tidak dapat diulang kembali. Aspek yang berkembang yaitu aspek kognitif, motorik, sosial emosional, moral, bahasa, dan seni. Perkembangan anak juga harus diimbangi dengan pemberian stimulus yang tepat dan sesuai dengan tahapan usianya. Salah satu stimulus yang bisa diberikan untuk membantu perkembangan anak yaitu melalui musik. Untuk tahap awal, kita bisa mengenalkan alat musik kepada anak untuk menarik minat mereka. WhatsApp Image 2023-07-22 at 20.59.00

Pianika menjadi salah satu alat musik yang menarik untuk anak. Pianika merupakan salah satu alat musik tiup yang hampir sama dengan piano. Pianika memiliki berbagai manfaat untuk anak yaitu :

  1. Menunjang tumbuh kembang anak

Bermain pianika bisa meningkatkan kemampuan motorik halus dan meningkatkan koordinasi mata – tangan – mulut anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang. Alunan musik juga terbukti membantu mengurangi kecemasan, detak jantung, dan meningkatkan respons imun. 

  1. Meningkatkan kecerdasan anak

Bermain pianika juga bisa meningkatkan kognitif anak. Melalui pianika bisa meningkatkan daya ingat anak serta membangun kebiasaan fokus dan kreavitas anak. Anak yang pandai bermain pianika juga dapat menginagt kosakata yang lebih banyak dibanding dengan teman sebayanya. Kemampuan kognitif anak yang berkembang dengan baik sejak kecil akan memudahkan mereka belajar di dunia pendidikan nantinya. 

  1. Terbiasa mengekspresikan diri sendiri

Mengenalkan anak dengan alat musik sejak dini bisa meningkatkan kreativitas yang ada di dalam diri anak. Hal tersebut akan membuat anak lebih kreatif, dan berani untuk mengekspresikan dirinya sendiri. Dengan bermain alat musik, anak juga bebas mengeksplorasi bakatnya dengan baik serta bebas menampilkan keahlian yang dimilikinya. 

Permainan pianika tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, salah satunya melatih fokus anak. Memainkan pianika membutuhkan koordinasi antara tangan, mata dan mulut. Cara memainkannya yaitu tangan kiri memegang pianika dan tangan kanan menekan memainkan melodi lagu, sedangkan mulut meniupnya. Mengajarkan pianika untuk anak usia dini tidak semudah mengajarkan pada anak dewasa. Untuk tahap awal, kita bisa mengenalkan terlebih dahulu cara sederhana memainkan pianika. Selanjutnya mengenalkan nada tuts sederhana yaitu “do, re, mi, fa, sol, la, si”. apabila anak sudah bisa menghafal dan melakukan koordinasi dengan baik, selanjutnya ajarkan anak untuk belajar memainkan lagu sederhana. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *