Rekomendasi Permainan Keluarga untuk Ayah, Bunda, serta Anak-anak

rekomendasi permainan keluarga

Menghabiskan waktu bersama keluarga sangat penting untuk membangun dan menjaga keharmonisan. Bermain bersama keluarga tidak harus selalu ke mall atau liburan di luar rumah. Anda dan keluarga bisa quality time di rumah dengan rekomendasi permainan keluarga yang seru dan menyenangkan.

Jika hari libur hanya satu hari, cuaca hujan, tidak ada budget untuk liburan dan berbagai kendala lainnya, bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang dengan keluarga. Quality time tetap bisa dilakukan dengan bermain permainan yang bisa dimainkan oleh satu keluarga di rumah. Berikut ini rekomendasi permainan yang bisa dimainkan satu keluarga.

1. Monopoli

Permainan monopoli sudah populer sejak dulu dan sampai sekarang masih digunakan untuk bermain bersama-sama. Tidak hanya untuk bersama teman, mopoli sangat cocok untuk bermain bersama dengan keluarga. Terutama jika anggota keluarga Anda 3-4 orang, sesuai dengan kapasitas permainan ini.

Permainan ini tersedia dengan beragam harga sesuai dengan kualitas bahan dan barangnya. Anda dapat membeli monopoli yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Selain menyenangkan, permainan monopoli bisa mengajarkan anak untuk mengatur keuangan.

2. Uno Stacko atau Jenga

Uno merupakan rekomendasi permainan keluarga yang sangat cocok dimainkan untuk menghabiskan waktu bersama. Permainan ini akan menimbulkan tantangan yang seru dan menegangkan ketika harus mengambil satu persatu balok yang disusun dan menyusunnya kembali di bagian atas tanpa merobohkannya.

Baik ayah, ibu, adik ataupun kakak harus hati-hati dalam memilih balok yang akan diambil jika tidak ingin ingin kalah dalam permainan. Semakin lama permainan ini akan semakin menegangkan karena susunan Uno yang semakin tidak karuan. Agar lebih seru, berikan hukuman pada yang kalah atau berikan hadiah untuk pemenang.

3. Puzzle

Jika keluarga Anda menyukai permainan yang kritis seperti puzzle, maka puzzle menjadi permainan yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Agar kegiatan menyusun puzzle menjadi seru dan bisa dilakukan oleh banyak anggota keluarga, belilah puzzle sulit yang terdiri dari 1000 hingga 5000 pieces.

Dengan sebanyak itu, masing-masing anggota keluarga mendapatkan bagian untuk menyelesaikannya. Misalnya ayah menyelesaikan dari bagian kiri atas, ibu dari bagian kanan bawah dan adik dari bagian kiri bawah. Anda akan merasakan pusing dan kesal sama-sama, tetapi juga senang sama-sama saat susunan puzzle-nya selesai.

4. Heads Up

Rekomendasi permainan keluarga lainnya yang cukup menjadi favorit yaitu heads up. Permainan ini akan mengasah skill anggota keluarga untuk mendeskripsikan sesuatu dengan kata-kata atau gerakan. Pengetahuan umum setiap anggota pun akan diuji dalam permainan ini.

Heads up lebih cocok dimainkan oleh 4 orang atau lebih agar membentuk dua tim atau lebih. Permainan ini sangat menyenangkan karena akan menimbulkan perasaan greget yang membuat anggota lainnya bersorak-sorai. Pilihlah kategori benda yang cukup sulit agar permainan lebih seru dan tidak mudah dimenangkan.

5. Jaws: The Board Game

Permainan lainnya yang cocok untuk keluarga yaitu Jaws: The Board Game. Permainan ini jenis board game yang cukup baru karena dirilis pada tahun 2019. Dapat dimainkan oleh 2 hingga 4 orang yang akan terbagi menjadi dua peran.

Tiga orang akan berperan sebagai manusia dan satu orang akan menjadi seekor hiu. Tujuan permainan ini yaitu hiu harus menyerang kapal berisi manusia, sedangkan manusia harus menghindari serangan hiu. Jika manusia bisa menghindari serangan hiu sampai permainan selesai, maka tim manusia pemenangnya, begitupun sebaliknya.

6. Karambol

Karambol bisa menjadi pilihan mainan untuk bermain bersama keluarga. Meskipun relatif mahal, permainan ini bisa dipakai berkali-kali dan awet untuk jangka panjang. Permainan karambol sangat seru dan menyenangkan yang bahkan bisa membuat lupa waktu jika sudah ketagihan.

Jiwa kompetitif setiap anggota akan menggebu-gebu yang bisa membuat para pemain berteriak-teriak saat cakram yang dilesatkan tidak masuk ke dalam lubang atau tidak tepat sasaran. Permainan yang sangat cocok untuk membuat keseruan dengan keluarga.

Rekomendasi permainan keluarga di atas cukup sederhana, tetapi bisa menciptakan suasana yang menyenangkan. Satu hal lainnya yang cukup penting, apapun permainannya, akan lebih seru jika ada hukuman untuk yang kalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *