Langsung TK atau Paud Dulu? Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangannya!

memilih PAUD atau TK

Kemiripan struktur kurikulum dan pengajaran yang ada dalam TK dan Paud seringkali membuat para orang tua bimbang, apakah sebaiknya anaknya langsung TK atau Paud dulu. Jika Anda merasa mengalami pikiran serupa, alangkah baiknya jika Anda mau menggali lebih dalam informasi terkait TK dan Paud sehingga langkah yang akan Anda ambil tidak keliru.

Berbagai pemikiran dan selisih pendapat antar orang tua biasa terjadi jika muncul pertanyaan anaknya akan langsung masuk ke TK atau akan diikutkan Paud terlebih dahulu. Sebenarnya keduamya sah-sah saja dilakukan oleh Anda yang memegang hak mutlak sebagai orang tua. Akan tetapi, alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan jika mengambil keputusan dari salah satunya.

TK dan Paud Merupakan Kategori Pendidikan Anak Usia Dini

Jika Anda mendapat pertanyaan apakah anak Anda akan langsung TK atau Paud dulu dan merasa kebingungan dalam menentukan, maka informasi berikut ini akan sangat membantu. Perlu Anda pahami bahwa keduanya memiliki kesamaan, yakni tergolong pendidikan usia dini. Banyak juga yang beranggapan jika Paud atau kelompok bermain merupakan jenjang sebelum TK, tapi pada dasarnya keduanya sama saja.

sumber : www.pixabay.com

Hanya saja TK merupakan jenjang pendidikan formal, sedangkan Paud tidak. Paud memiliki kurikulum pendidikan yang lebih bebas dibanding TK. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh usia anak-anak yang bersekolah di Paud yang masih sangat dini. Sedangkan sekolah TK memang dipersiapkan untuk jenjang sebelum masuk ke Sekolah Dasar (SD) sehingga kurikulum yang digunakan sudah berbobot.

Pedoman yang bisa Anda gunakan untuk mengukur Paud atau sekolah TK yang terbaik untuk anak Anda adalah usia anak Anda saat itu. Untuk masuk Sekolah Dasar (SD), usia idealnya adalah tujuh tahun. Kemudian, berapa usia anak Anda saat itu, misalnya anak Anda sudah berusia lima tahun lebih tiga bulan, berarti usianya tahun depan sudah enam tahun lebih tiga bulan.

baca juga : Ini Dia, 4 Tips Memilih Daycare untuk Anak

Jika Anda menghendaki anak Anda masuk usia enam tahun lebih tiga bulan, maka waktu yang tersisa sebelum SD tinggal satu tahun. Akan tetapi jika Anda ingin anak Anda masuk usia tujuh tahun lebih tiga bulan, maka waktu yang tersisa masih dua tahun.

Apabila Anda ingin memasukkan anak ke SD usia enam tahun lebih tiga bulan, maka lebih baik dimasukkan ke TK saja. Akan tetapi jika Anda ingin mendaftarkan anak Anda ke SD usia tujuh tahun lebih, maka Anda bisa memasukkan anak Anda ke Paud terlebih dahulu. Alasan dari jawaban langsung TK atau Paud dulu akan diulas lebih gamblang di bawah ini.

Jika masih tersisa waktu dua tahun sebelum masuk ke SD, lebih baik anak Anda dimasukkan ke Paud, kemudian TK dengan durasi masing-masing satu tahun. Hal tersebut dikarenakan pada usia tersebut, anak cenderung mudah bosan dengan kegiatan yang terkesan monoton. Sedangkan seperti yang kita ketahui, aktifitas kegiatan bermain di TK akan terasa monoton jika dilakukan selama dua tahun berturut-turut.

Kedua jenjang yang berbeda tersebut akan membuat anak Anda merasa terdapat perbedaan antara keduanya, semacam ada peningkatan dalam pembelajaran dan tingkat kesulitan belajar yang akan mereka hadapi. Akan tetapi, jika tahun depan anak Anda sudah masuk SD, maka sebaiknya dimasukkan saja ke TK agar mendapatkan persiapan cukup untuk masuk ke Sekolah Dasar. Jadi, kira-kira itulah jawaban dari pertanyaan langsung TK atau Paud dulu.

Kelebihan yang akan Anda dapatkan jika anak masuk ke Paud adalah akan memiliki lebih banyak pengalaman dan lebih awal dalam mengenal berbagai macam pembelajaran yang akan didapatkan kelak di TK. Kekurangannya adalah Anda harus mendampingi anak Anda ke sekolah dan menunggu sampai pulang sekolah karena pada usia tersebut, anak masih belum bisa ditinggal.

Mungkin bagi Anda yang mempunyai pekerjaan dan kesibukan yang padat, hal tersebut kurang cocok, kecuali jika Anda memiliki pengasuh bagi anak Anda. Dari sini dapat disimpulkan jika Anda mendapat pertanyaan langsung TK atau Paud dulu, maka jawabannya adalah relatif, bergantung dari bagaimana dan apa situasi yang harus Anda hadapi. Jadi, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan keadaan pribadi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *