Ini Dia, 4 Tips Memilih Daycare untuk Anak

tips memilih daycare untuk anak

Daycare dapat menjadi pilihan yang tepat, terutama bagi para orang tua atau ibu pekerja. Namun memilih daycare tidak boleh sembarangan, sebab daycare menjadi sebuah tempat dimana anak akan belajar hal baru dan bersosialisasi. Sebelum Anda memilih daycare, alangkah baiknya untuk mempertimbangkannya dengan menerapkan tips memilih daycare berikut ini!

1. Pilihlah yang Berlokasi Dekat dari Rumah atau Tempat Kerja Anda

Hal pertama yang tergolong dalam tips memilih daycare tentunya adalah perihal jarak lokasi antara rumah atau tempat kerja dengan daycare. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan seandainya memilih daycare yang dekat dengan lokasi adalah efisiensi waktu.

Misalnya daycare dekat dengan kantor tempat Anda bekerja, maka sesekali pada jam istirahat Anda bisa menjenguk si kecil untuk sekedar melepas rindu atau mengobati rasa cemas Anda. selain itu, apabila suatu saat terjadi kondisi darurat atau mendesak maka Anda bisa segera menjangkau anak dengan lebih mudah.

2. Cari Tahu Kebijakan Dasar Daycare

Tips memilih daycare yang kedua adalah memperhatikan kebijakan dasar dari daycare tersebut. Tentunya setiap daycare pasti menerapkan kebijakan yang tidak sama. Anda perlu mengetahui jam berapa daycare tersebut buka dan tutup, adakah denda yang harus dibayarkan apabila terjadi keterlambatan dalam menjemput si kecil. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena akan menjadi sbeuah bahan pertimbangan yang disesuaikan dengan jam kerja dan keuangan keluarga Anda.

Cari tahu rincian biaya yang harus dikeluarkan mulai dari biaya bulanan hingga biaya ekstra yang lainnya. Karena bisa jadi, daycare menyelenggarakan program tambahan seperti kelas belajar pagi, perjalanan bersama ke lapangan, pagelaran tahunan, kunjungan ke dokter anak, dan lain-lain.

sumber : www.pixabay.com

Adanya kegiatan atau kelas tambahan yang diselenggarakan mungkin juga akan menguntungkan dari sisi si kecil karena dapat mendukung tumbuh kembangnya menjadi lebih baik, namun di sisi lain hal ini juga harus menjadi pedoman dalam hal keuangan Anda.

Karena dalam tips memilih daycare yang tepat, syaratnya juga harus disesuaikan dengan budget bulanan Anda. jangan sampai Anda memilih daycare yang menawarkan program lengkap namun Anda tidka memiliki cukup biaya untuknya sehingga mengabaikan kebutuhan yang lainnya, karena hal ini justru akan berdampak kurang baik ke depannya.

baca juga : 5 Tips Memilih Paud yang Tepat Untuk Anak

3. Cari Tahu Kualifikasi dari Pengasuh

Daycare yang baik tentunya harus menyediakan pelatihan khusus untuk par pengasuhnya. Dengan demikian pengasuhnya juga akan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sama dan merata dalam mengasuh anak.

Ketika melakukan survey, Anda juga harus mengawasi betul bagaimana para pengasuh daycare berinteraksi dengan anak-anak. Perhatikan apakah mereka memiliki rasa empati, simpati, dan kasih sayang yang tulus kepada anak-anak.

Para pengasuh daycare merupakan sosok yang diandalkan oleh par aorang tua dalam menjaga anaknya ketika mereka terbatas oleh waktu. Oleh sebab itu, tentunya para pengasuh ini harus bisa memberikan cinta dan kenyamanan pada anak agar para orang tua merasa lebih nyaman untuk menitipkan anaknya.

4. Pilihlah Daycare dengan Fasilitas yang Sesuai dengan Minat Anak

Sebagai orang tua, Anda juga harus memahami dengan betul, terkait dengan minat si kecil. Hal ini dikarenakan, kebutuhan dan minat si kecil juga harus menjadi pertimbangan dalam memilih daycare.

sumber : www.pixabay.com

Coba perhatikan apakah fasilitas yang ditawarkan oleh daycare tersebut telah sesuai dengan minat dan kebutuhan anak atau justru sebaliknya. Anda bisa mencari referensi dan melihat ulasan yang dapat ditemukan di website maupun media sosial dari daycare tersebut, atau bertanya kepada teman dan kerabat Anda.

Tips memilih daycare lain yang tidak kalah penting adalah memperhatikan seputar penanganan penyakit, standar kebersihan lingkungan dan kamar mandi dari daycare yang bersangkutan.

Apakah daycare tersebut telah menjaga kebersihan dengan baik. hal ini penting karena kadar kebersihan yang baik juga akan menjauhkan anak dari kuman penyakit. Apalagi anak biasanya cenderung memiliki daya tahan tubuh yang tidak setinggi orang dewasa.

Nah itulah tips memilih daycare yang tepat untuk sang buah hati tercinta. Selain tips di atas jangan lupa juga untuk memperhatikan segi keamanan lingkungan dari daycare yang bersangkutan agar Anda sebagai orang tua juga mempunyai kenyamanan tersendiri saat menitipkan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *