Kenali Jenis-jenis Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini

media pembelajaran anak usia dini

Sebagai orang tua, penting untuk mengetahui jenis-jenis media pembelajaran untuk anaknya. Hal ini harus dilakukan sejak anak berusia dini agar bisa membantu tumbuh kembangnya agar lebih maksimal. Beberapa orang tua sering kali mengabaikan hal tersebut sehingga anak yang seharusnya sudah bisa melakukan sesuatu menjadi belum bisa.

Tentunya hal tersebut sangat disayangkan, bukan? Dengan mengetahui media pembelajaran pada anak sejak usia dini, Anda bisa membantu si kecil untuk mendapatkan pengetahuan dan melatih motoriknya. Alhasil, anak bisa dengan mudah bergaul dengan sesamanya.

Kenali Jenis-jenis Media Pembelajaran Anak Sejak Usia Dini

Mengetahui beberapa media pembelajaran pada anak sejak usia dini bisa membantunya saat memasuki dunia pendidikan, lho. Biasanya, usia anak taman kanak-kanak mempunyai pribadi yang unik. Masa ini adalah masa di kana anak mempunyai rasa ingin tahu lebih tinggi. Nah, untuk membantu anak memuaskan rasa tersebut, berikut media pembelajarannya.

Media Audio

Salah satu media pembelajaran yang bisa diterapkan pada anak-anak adalah media audio. Media satu ini menjadi media pembelajaran yang mengandung pesan dalam bentuk auditif. Nantinya, media pembelajaran tersebut akan mengandalkan kemampuan suara.

Melalui media pembelajaran ini, anak bisa mendengarkan lagu, menyimak, mendengarkan, atau mengikuti lagu atau cerita yang diputarkan. Media satu ini mempunyai manfaat untuk membantu merangsang perkembangan imajinasi dan bahasa pada anak. Alhasil, anak nantinya bisa menyampaikan pesan dari orang ke orang lain dengan mudah.

baca juga : Langsung TK atau Paud Dulu? Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangannya!

Media Visual

Jenis-jenis media pembelajaran lainnya yang bisa dilihat adalah media visual. Media ini mengandalkan indra penglihatan dengan melihat media grafis dan media proyeksi. Media grafis sendiri adalah visual yang akan mengkomunikasikan antara fakta dan data. Sementara media proyeksi adalah media proyektor, seperti slide, OHP, dan film strip.

Biasanya, media visual akan lebih mudah terbentuk dengan baik dibandingkan dengan media audio. Tidak heran jika media ini lebih banyak dikenalkan lebih dulu pada anak sejak usia ini. Karena melalui indra penglihatannya, anak akan mudah mempelajari sesuatu.

Media Audio Visual

Ada lagi jenis pembelajaran lainnya yang bisa diterapkan pada anak sejak usia dini, yaitu media audio visual. Jenis media yang satu ini akan membantu menyeimbangkan indra pendengaran dan indra penglihatan. Dengan kata lain, media audio sosial akan menampilkan suara dan juga gambar.

Jika dilihat dari karakteristiknya, media pembelajaran audio visual dibedakan menjadi dua, yaitu audio visual diam dan audio visual gerak. Media audio visual diam bisa dilihat dari buku bersuara, film rangkai bersuara, dan televisi. Sementara media audio visual gerak adalah gambar bersuara, televisi, dan film TV.

Media Peta dan Globe

Ada lagi media pembelajaran lainnya yang sering digunakan pada anak usia dini, yaitu melalui peta dan globe. Seperti yang diketahui, kedua alat tersebut mempunyai fungsi untuk menyajikan data, seperti keadaan permukaan bumi, tempat, arah, dan jejak.

Kedua alat tersebut mempunyai fungsi untuk memungkinkan anak agar lebih tahu tentang dunia. Selain itu, hal ini juga bisa membantu merangsang minat anak untuk lebih mengenal penduduk dan pengaruh geografisnya. Anak juga bisa belajar dan mempunyai gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk.

Media Gambar Fotografi

Media satu ini menjadi salah satu jenis media pembelajaran yang mudah ditemui. Contoh dari media gambar fotografi adalah koran, lukisan, kartun, ilustrasi, dan foto. Media ini bisa digunakan oleh orang tua dan juga guru dalam mengajar anak sejak usia dini.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan saat ingin memberikan gambar fotografi untuk dipelajari oleh anak. Pertama, pastikan gambar harus memadai dan memenuhi persyaratan artistik. Kedua, pastikan gambar fotografi untuk tujuan pengajaran yang jelas. Pastikan juga validitas gambar. Akan lebih baik, jika gambar bisa memikat perhatian anak.

Media Serbaneka

Pernahkah Anda mendengar media pembelajaran serbaneka? Jenis media pembelajaran ini biasanya akan disesuaikan dengan potensi suatu daerah. Ada beberapa media yang bisa digunakan, seperti papan tulis, realita dengan membawa benda nyata, media tiga dimensi berupa model, dan sumber belajar pada masyarakat berupa karya wisata.

Setelah melihat jenis-jenis media pembelajaran pada anak sejak usia dini, sekarang sudah tahu, bukan? Jadi, Anda bisa menggunakan berbagai macam media untuk membantu tumbuh kembang anak sejak dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *