Faktor Penyebab Masalah Perkembangan Bahasa Pada Anak dan Pencegahannya

Penyebab masalah perkembangan bahasa pada anak usia dini bisa terjadi selama masa tumbuh kembangnya. Sebagai orang tua, tentu Anda harus memahami perkembangan bahasa anak seusai usianya. Biasanya sejak berusia 1 tahun, anak akan mulai berkomunikasi dengan orang lain dengan cara bergumam atau berekspresi.

Setiap anak tentu mengalami perkembangan bahasa yang tidak sama satu sama lain. Namun setiap orang tua harus waspada jika anak menunjukkan masalah perkembangan bahasa. Berikut ini faktor yang menyebabkan masalah perkembangan bahasa pada anak.

#1 Adanya Masalah Kemampuan Bicara dan Bahasa

Faktor penyebab masalah perkembangan bahasa yang pertama yaitu adanya masalah kemampuan bicara dan bahasa. Adanya masalah ini disebabkan oleh otak yang bekerja secara berbeda. Masalah tersebut menyebabkan anak tidak bisa memahami apa yang dikatakan orang lain dan kesulitan berkomunikasi.

#2 Gangguan Pendengaran

Faktor yang bisa menyebabkan masalah perkembangan bahasa pada anak usia dini yaitu adanya gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran bisa dikategorikan dalam beberapa jenis, seperti disebabkan penyakit, kerusakan fungsi di telinga luar, dan lain sebagainya.

Biasanya gangguan pendengaran pada anak tidak bisa terlihat secara langsung. Namun ada tanda-tanda yang harus dipahami orang tua. Misalnya saat anak telah memasuki usia 3 tahun atau lebih, tapi belum bisa menamai suatu benda. Biasanya anak yang mengalami masalah ini akan berkomunikasi menggunakan gerakan.

#3 Gangguan Disintegrasi

Penyebab masalah perkembangan bahasa pada anak bisa disebabkan adanya gangguan Disintegrasi atau Childhood Disintegrative Disorder (CDD). Saat berusia 1-2 tahun, tumbuh kembang anak terlihat normal.

Baca Juga: Ini Dia Kesalahan dalam Pengembangan pendidikan Agama dan Moral pada Anak Usia Dini

Kemudian memasuki usia sekitar 2-4 tahun, anak mulai menunjukkan penurunan dalam komunikasi, keterampilan, dan kehilangan berat badan. Gangguan ini bisa disebabkan faktor genetik, paparan lingkungan, dan respon autoimun.

#4 Faktor Genetik

Gangguan perkembangan bahasa pada anak bisa disebabkan karena faktor genetik. Misalnya dalam anggota keluarga ada yang memiliki riwayat keterlambatan bicara. Maka ada kemungkinan anak juga bisa mengalami keterlambatan bicara.

Cara Mencegah dan Mengatasi Masalah Perkembangan Bahasa

Bahasa menjadi alat komunikasi yang sangat penting. Melalui bahasa, anak bisa memberitahukan tentang keinginan, perasaan, dan pengalaman. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi dan menghindari gangguan bahasa pada anak, yaitu sebagai berikut.

#1 Ajak Anak Berbicara

Penyebab gangguan perkembangan bahasa bisa dicegah dan diatasi dengan mengajak anak berbicara. Rutin berbicara pada anak merupakan salah satu terapi yang bisa diterapkan untuk menghilangkan gangguan perkembangan bahasa. Pastikan Anda mengobrol dengan anak setiap harinya, agar anak memiliki keberanian untuk berbicara.

#2 Ajak Anak Menyanyi Bersama

Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang disukai anak-anak. Meskipun anak belum bisa berbicara, namun dengan mengajak anak bernyanyi bisa mencegah terjadinya gangguan bahasa. Selain itu, bernyanyi juga bisa menambah kosakata baru dan bisa mengasah kemampuan anak untuk menghafal kata melalui nyanyian.

#3 Bacakan Buku Cerita

Penyebab masalah perkembangan bahasa bisa dicegah dan diatasi dengan rutin membacakan buku cerita pada anak. Usahakan membacakan buku cerita minimal 1 kali dalam sehari, misalnya saat anak menjelang tidur.

Baca Juga: Pentingnya Aspek Nilai Agama Dan Moral Untuk Anak Usia Dini

Rutin membaca buku cerita bisa menambah kosakata baru pada anak. Saat membaca buku cerita, Anda bisa menstimulasi anak dengan diskusi sederhana tentang dongeng atau cerita yang telah dibaca.

#4 Ajak Anak Bermain Bersama

Bermain bisa menjadi cara tepat untuk mencegah dan mengatasi gangguan perkembangan bahasa pada anak. Anda bisa mengajak anak melakukan permainan yang bisa mengasah kemampuan anak. Misalnya mengajak anak menebak benda yang ada disekitar. Caranya dengan menunjuk benda lalu anak akan menebak nama benda tersebut.

#5 Lakukan Pemeriksaan Rutin

Gangguan perkembangan bahasa pada anak bisa disebabkan karena berbagai faktor. Jika telah mengetahui ada yang janggal dengan perkembangan bahasa pada anak, maka segera lakukan pemeriksaan. Hal ini bertujuan agar gangguan perkembangan bahasa pada anak bisa segera diatasi secara tepat.

Terdapat berbagai penyebab masalah perkembangan bahasa pada anak, seperti gangguan pendengaran, faktor genetik, dan lain sebagainya. Setiap orang tua tentu harus peka dan segera melakukan tindakan jika anak mulai menunjukkan gejala gangguan perkembangan bahasa. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan terapi secara rutin untuk mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *