7 Kreasi DIY Media Pembelajaran Anak Usia Dini

mainan anak usia dini

Anak usia dini merupakan fase di mana sedang aktifnya bermain dan bereksplor. Anda dapat memberikan berbagai kreasi DIY untuk media pembelajaran sekaligus bermain. Bermain dapat melatih motorik kasar dan motorik halus anak, mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan sebagainya.

Anak usia 4 hingga 6 tahun memang sudah bisa memilih mainan sendiri, tetapi penting untuk orang tua dalam memberikan mainan yang bisa menjadi media pembelajaran dan mendukung perkembangan anak. Kreasi DIY pun bisa menghemat pengeluaran bagi orang tua.

7 Kreasi DIY untuk Perkembangan Anak Usia Dini

Alat dan bahan untuk membuat DIY media pembelajaran anak mudah ditemukan di sekitar Anda, seperti di rumah atau di warung terdekat. Berikut ini beberapa kreasi DIY untuk media pembelajaran dan bermain anak.

1. Melukis dengan Lem Basah dan Pewarna Makanan

Kegiatan melukis dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak. Selain itu, anak akan belajar mengenai berbagai warna yang ada dan warna baru yang muncul dari campuran dua warna atau lebih. Tidak perlu modal mahal, Anda dapat membuat media dan alat lukis bagi si Kecil dari barang-barang di sekitar Anda.

Cat warna bisa dibuat dari lem basah yang dicampurkan dengan pewarna makanan. Penggunaan cat warna buatan ini lebih ramah anak. Bagian media lukisnya bisa menggunakan lempengan kardus bekas sebagai pengganti kanvas. Anak dapat menggunakan tangannya sendiri sebagai pengganti kuas.

2. Bangunan Susun dari Bahan Styrofoam

Jika Anda memiliki styrofoam bekas alat elektronik atau yang lainnya, styrofoam tersebut bisa dibuat bangunan yang sederhana. Buatlah potongan-potongan yang kemudian harus disusun untuk menjadi sebuah bangunan. Kreasi DIY ini akan membuat anak belajar dalam menyusun sesuatu.

3. Puzzle dari Kardus Bekas

Permainan puzzle sangat bermanfaat untuk melatih kecerdasan anak. Anak akan berpikir untuk bisa menyatukan semua puzzle dengan benar. Jika tidak mau membeli, Anda bisa membuat puzzle dari kardus bekas dan alat untuk menggambar.

Buatlah gambar yang sederhana agar pembuatan puzzle lebih mudah. Buat pola puzzle di kardus lalu potong kardus sesuai dengan pola puzzle yang sudah dibuat.

4. Karung Goni untuk Menjahit atau Menyulam

Jika mempunyai karung goni yang sudah tidak dipakai, maka gunakan kembali untuk media pembelajaran anak. Karung goni bisa dijadikan kreasi DIY untuk belajar menjahit atau menyulam.

Namun, Anda perlu mempunyai jarum mainan yang terbuat dari plastik yang aman untuk anak-anak. Lalu, gunakan benang wol untuk kegiatan menjahit atau menyulam tersebut. Buatlah pola yang mudah di awal-awal, lalu biarkan anak berkreasi sendiri jika dia lebih senang seperti itu.

baca juga : Kenali 5 Manfaat Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini

5. Lakban Berwarna untuk Trek Mobil

Bagi anak yang menyukai permainan mobil-mobilan, Anda dapat membuatkan trek mobil di lantai dengan lakban yang berwarna. Buatlah trek yang agak luas agar anak bermain lebih bebas dan tidak mudah bosan.

Fungsi lakban berwarna agar anak-anak lebih antusias ketika bermain mobil-mobilan. Trek mobil ini dapat mengajarkan anak untuk mengikuti sebuah jalan/arus dan belajar belok ke kanan dan ke kiri. Kreasi DIY yang hanya membutuhkan satu alat dan mudah dibuat, tetapi memberikan manfaat yang cukup bagus untuk perkembangan anak.

6. DIY Robot

Bagi anak yang hobi bermain robotik, mainan DIY untuk merakit robot sangat cocok sebagai media pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan merakit dan imajinasinya. Meskipun mainan ini lebih baik dibeli secara langsung, tetapi merakitnya tetap dilakukan oleh anak dengan bantuan orang tua.

Jika ingin membuat sendiri, Anda bisa membuat robot dari barang-barang bekas di rumah dan melibatkan anak dalam proses pembuatannya. Namun, hanya robot biasa yang bisa dibuat karena cukup sulit membuat robot rakitan yang bisa lepas pasang seperti di pasaran.

7. Menggambar Kaos

Jika anak Anda hobi menggambar, selain melukis dengan cat warna buatan seperti di atas, menggambar di kaos putih dapat menjadi media kreasi lainnya. Pewarna yang digunakan bisa cat warna buatan atau krayon. Anak akan lebih senang ketika hasil gambarnya bisa dipakai oleh dirinya sendiri.

Itulah 7 kreasi DIY yang bisa Anda buat di rumah untuk dijadikan media pembelajaran anak dan mengembangkan kreativitas serta potensinya. Permainan itu pun dapat membuat anak senang ketika di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *