3 Jurus Jitu Mengajarkan Sikap Tanggung Jawab di PAUD

3 Jurus Jitu Mengajarkan Sikap Tanggung Jawab di PAUD

Anak PAUD biasanya memiliki rentang usia antara 3 hingga 4 tahun. Baik orang tua maupun guru merupakan panutan sekaligus tenaga pendidik bagi anak. Nah, untuk mengajarkan berperilaku yang baik dan benar pada anak usia dini salah satunya dengan mengajarkan sikap tanggung jawab di PAUD.

Hal ini akan memberikan pengaruh dalam tumbuh kembang anak. Sikap yang dimaksud di sini termasuk dengan sikap tanggung jawab. Secara hakikat, tanggungjawab artinya bersedia untuk melaksanakan kewajiban serta siap untuk menanggung resiko yang disebabkan oleh perbuatannya sendiri.

Berikut ini akan diberikan beberapa cara untuk mengajarkan tanggung jawab di PAUD untuk Anda. Simak dengan baik ya!

1. Membacakan Kisah yang dapat mendorong karakter anak

Sebagai awalan, Anda dapat memulai dari hal yang paling mudah terlebih dahulu, yaitu membacakan sebuah kisah kepada anak. Anda bisa mencari referensi buku ataupun e-book tentang tokoh yang mencerminkan sikap bertanggung jawab. Hal ini dapat membantu anak untuk mudah memahami dan meneladani sikap terpuji dari sang tokoh dalam kisah tersebut.

Selain itu jangan lupa untuk memberikan penjelasan kepada anak tentang pentingnya memiliki sikap tersebut. Dengan demikian akan membantu meningkatkan perkembangan sensorik pada anak.

2. Memberikan Contoh Pada Anak

Agar anak dapat lebih termotivasi untuk melakukannya, Anda sebagai orang tua maupun guru yang mendidiknya harus bisa menjadi teladan baginya. Mulailah dari membiasakan hal-hal kecil pada anak. seperti bagi orang tua dapat mengajarkan untuk mengembalikan mainan ke tempat asalnya setelah digunakan, tidur tepat waktu, maupun mematikan lampu.Baca Juga: Bunda Perlu Tahu 7 Cara untuk Mengajarkan Sikap Kemandirian AUD

Sedangkan bagi guru di PAUD dapat mengajarkan tentang membuang sampah ke tempat sampah, mengembalikan barang milik teman, ataupun membereskan alat tulisnya.

3. Bangun Kesadaran Anak Dengan Menjaga Komunikasi

Cobalah untuk menjelaskan pada anak tentang hal apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Jelaskan pula tentang konsep keharusan, termasuk keharusan dalam mengatakan maaf kepada orang lain apabila melakukan kesalahan, keharusan untuk mengatakan terimakasih apabila mendapat bantuan, dan keharusan-keharusan lain yang menyangkut sikap tanggung jawab.

Lalu bagaimana jika cara-cara tersebut telah dilakukan akan tetapi anak masih belum bisa menerapkan sikap tanggung jawab tersebut? Jangan terlalu risau, karena mengajarkan sikap tanggung jawab di PAUD adalah hal yang membutuhkan kesabaran. Setelah cara yang Anda tempuh di atas gagal, Anda dapat mencoba kiat-kiat berikut ini;

a. Mengevaluasi Pola Asuh pada Anak

Setiap anak biasanya memiliki karakter yang berbeda-beda. Dan karena perbedaan inilah mereka biasanya hanya akan dapat memahami Anda dengan cara yang berbeda-beda pula. Pastikan Anda menerapkan cara yang telah sesuai dengan karakternya untuk memudahkan anak dalam memahaminya.

Misalnya, anak lebih mudah mengerti jika Anda membiasakan mereka melalui contoh, ataupun melalui nasihat serta ajakan. Hindari untuk terlalu bersikap keras pada anak, karena mengajarkan sikap tanggung jawab pada anak yang masih berusia dini harus dibarengi dengan sabar untuk menghindari tekanan secara psikis pada anak.

b. Berikan Apresiasi Pada Anak

Setelah mengajarkan tanggung jawab pada anak, memberikan apresiasi padanya itu tidak kalah penting untuk dilakukan. Karena dengan begitu anak akan menjadi semakin percaya bahwa apa yang dilakukannya adalah perilaku yang terpuji, dan harus selalu diterapkan.

Akan tetapi, hal ini hanya boleh dilakukan jika anak telah melakukan tanggung jawabnya dengan benar. Dan jangan berlebihan dalam memberikan apresiasi padanya untuk menghindari kecenderungan yang tidak diinginkan.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan hal sebaliknya, yaitu menasehati anak jika ia tidak bersikap seperti yang telah Anda ajarkan. Dan jika anak mengalami kegagalan dalam menjalankan kewajibannya, pastikan Anda selalu membimbing dan mendampingi dia agar kembali termotivasi. Serta jelaskan pula padanya kalau kegagalan adalah hal yang biasa terjadi, dengan pemahaman dan bahasa yang sederhana sesuai dengan usia anak.

Nah itu dia beberapa cara mengenai mengajarkan sikap tanggung jawab di PAUD yang dapat Anda terapkan. Pastikan agar anak selalu melakukan tanggung jawab di setiap harinya agar dapat terbentuk sebuah kebiasaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *