Yuk, kenalkan menabung sejak dini!!!


“Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”

Sebuah peribahasa lama yang kita semua  sudah sering mendengar dan tidak asing dengan kalimat tersebut. Peribahasa tersebut sangat cocok dengan salah satu kegiatan yang sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu Menabung.

Bagi beberapa orang mungkin menganggap bahwa menabung merupakan hal yang sewajarnya dilakukan oleh seseorang yang telah memahami arti uang dalam kehidupan seharinya, tetapi jangan salah. Justru kegiatan menabung harus kita tanamkan sejak dini.

Mengapa demikian?

Sejak kecil anak hendaknya diberi pemahaman terkait apa itu uang, bagaimana kita menggunakan uang dalam sehari-hari, apa saja manfaat uang, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sebelum terlambat, orangtua ataupun pendidik diluar sana tidak ada salahnya memberikan pemahaman kepada anak terkait uang dan menabung sejak dini.

Memberikan pemahaman terkait menabung pada anak tidak hanya sekedar memperkenalkan arti uang dalam kehidupan mereka, akan tetapi juga membiasakan untuk membangun sebuah kebiasaan yang positif bagi mereka, berikut beberapa manfaat yang berguna bagi anak :

  1. Anak akan Belajar Menghargai Uang

Dengan memperkenalkan kegiatan menabung pada anak, mereka akan lebih bisa menghargai makna uang yang mereka punya. Kita bisa memberikan pengertian bahwa mencari atau mendapatkan uang bukanlah suatu hal yang mudah, diperlukan kerja keras dan kesabaran agar mendapatkannya.

Lambat laun seiring berjalannya waktu, anak akan mulai terbiasa menabung, mereka akan mengerti kapan harus menggunakan uang mereka untuk sesuatu yang penting atau tidak dalam kehidupan sehari-harinya.

  1. Melatih Kedisiplinan

Memperkenalkan kegiatan menabung sejak dini juga dapat melatih kedisiplinan anak. Salah satu contoh, berikan pemahaman bahwa dalam sehari anak harus menyisihkan uangnya sedikit untuk ditabung.

Hal ini tentunya harus dilakukan secara konsisten, dari situ anak akan mulai terlatih konsisten untuk menabung dan selalu konsisten dalam melakukan sebuah hal.

  1. Belajar untuk Hidup Hemat

Hal ini dapat kita lihat dari kebiasaan anak yang konsisten menyisihkan uang sakunya untuk ditabung dan tidak menggunakan uangnya untuk hal yang kurang bermanfaat baginya.

Tentunya kebiasaan ini akan memiliki dampak ketika mereka beranjak dewasa nanti. Anak akan terbiasa menggunakan uang mereka hanya untuk keperluan yang bermanfaat dan menghindari penggunaan uang mereka untuk suatu hal yang bersifat konsumtif.

  1. Mandiri dan Bertanggung Jawab

Hal ini berhubungan dengan bagaimana mereka menghargai adanya uang dalam kehidupan mereka. Sebagai sebuah contoh, ketika mereka menginginkan sesuatu, mereka akan berusaha untuk menyisihkan uang mereka untuk memenuhi keinginan mereka tersebut dimana dalam proses tersebut mereka perlu untuk bersabar, mandiri, dan bertanggung jawab atas hal yang mereka inginkan.

  1. Mampu Mengatur Keuangan dengan Baik

Salah satu skill penting seseorang dalam kegiatan menabung adalah mampu mengatur atau mengorganisir keuangannya dengan baik.

Jika sedari dini anak diajarkan dan diberikan pemahaman bahwa harus mempertimbangkan segala hal dalam mebuat sebuah keputusan, nantinya pembiasaan tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan yang membantu mereka ketika dewasa kelak.

Dari beberapa manfaat positif diatas, dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa menabung memberikan banyak sekali dampak positif bagi anak. Dari kegiatan itu juga, kita mengetahui bagaimana anak bertanggung jawab akan suatu hal yang kedepannya selalu bermanfaat bagi dirinya.

Penulis : Safira Ramadhanti Kurnia Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *