Kurang Pahamnya Orang Tua Terhadap Indikasi Campuran Bahan Narkoba yang Ada di Sekitar Lingkungan Anak

D:\DRIVE E\MY DRIVE\DCIM\IMG-20210314-WA0027.jpg

Narkoba adalah istilah untuk narkotika, psikotropika dan berbahaya lainnya. Istilah yang sering dipakai adalah NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan zat adiktif lainnya). Masalah narkoba tidak hanya merengut nyawa orang dewasa atau usia remaja, namun masalah ini sudah menjadi salah satu momok terbesar bagi orang tua terhadap anak usia dini. Bagaiman tidak, di zaman seperti ini banyak mainan anak atau kebutuhan anak yang terindikasi dicampuri dengan bahan narkoba yang sangat berbahaya terhadap kesehatan anak. Hal ini sangat meresahkan para orang tua terutama terhadap masa depan anak. Banyak orang tua yang belum memahami banyaknya mengenai bahayanya indikasi narkoba di lingkungan sekitar anak. 

Salah satu contoh pemberian zat narkoba di kebutuhan alat tulis anak yaitu lem kertas. Dimana mulai dari tahun 2018 lalu berita mengenai penyalahgunaan lem yang mengandung bahan berbahaya marak terjadi. Lem sendiri termasuk dalam golongan zat adiktif lainnya. Aktivitas “ngelem” atau penyalahgunaan lem dapat dikatakan sebagai perilaku yang menyimpang, hal tersebut dikarenakan aktivitas tersebut menyalahi peraturan perundang-undangan terkait narkotika dan juga melanggar norma agama dan norma sosial yang berlaku dimasyarakat Indonesia. Tidak hanya itu aktivitas “ngelem” tersebut biasanya dilakukan bersama dengan teman-temanya. Harga yang murah dan juga mudah didapatkan menjadi faktor pendukung penyalahgunaan lem tersebut sebagai pengganti narkoba. Aktifitas “ngelem’” menjadi ungkapan yang familiar dimasyarakat. Seperti narkoba, ternyata korban dari perilaku menyimpang tersebut sudah cukup banyak. Padahal fungsi utama lem tersebut adalah untuk merekatkan suatu benda seperti mengelem sepatu, pintu, dan lain sebagainya. Aktivitas yang biasanya diawali dengan rasa penasaran dan sekedar ingin mencoba lalu berujung pada kecanduan bagi penggunanya. Hal ini sangat berbahaya terhadap Kesehatan dan perkembangan anak.

Oleh karena itu mari kita bersama-sama menyelamatkan generasi bangsa dari hal-hal kecil yang hal tersebut bisa berdampak pada masa depan anak. Perkembangan anak sangat perlu di perhatikan, apalagi dilingkungan anak. Pemahaman orang tua terhadap hal-hal yang berkaitan dengan narkoba dan zat adiktif lainya perlu di tingkatkan agar pertumbuhan dan perkembangan anak bisa terjamin aman. Orang tua harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan global dunia, terutama terhadap peningkatan penggunaan narkoba di seluruh dunia. Karena jiwa anak yang sehat adalah bekal untuk masa depannya yang cerah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *