Ini dia, 5 Rekomendasi Buku Parenting yang Populer!

Ada banyak sekali buku parenting yang bisa jadi referensi untuk diterapkan dalam kehidupan. Apalagi peran orang tua sangat besar dalam tumbuh kembang anak. Dengan kata lain, perilaku anak ditentukan dari bagaimana orang tua mendidiknya. Tidak heran jika ada pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

Tentunya untuk bisa mendidik anak, diri orang tua itu sendiri harus lebih baik. Cara menjadi pribadi yang baik adalah dengan terus belajar dan belajar. Nah, Anda bisa mempelajarinya melalui buku yang membahas dunia parenting. Bahkan bisa juga mempelajarinya bersama pasangan, lho.

Ini Rekomendasi Buku Parenting yang Wajib Dimiliki

Menjadi orang tua adalah salah satu pengalaman berharga. Apalagi setiap anak pastinya memberikan pengalaman yang berbeda dalam pola asuh. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk tahu bagaimana cara mendidik anak agar masa depannya lebih terarah. Berikut beberapa rekomendasi buku tentang parenting yang populer.

Minds for the Future

Salah satu rekomendasi buku yang cocok untuk orang tua milenial adalah Minds for the Future karya Diana Tara. Seperti yang diketahui, era sekarang adalah era yang modern dan penuh dengan teknologi digital. Sudah banyak sekali anak-anak kecil yang dibiarkan bermain ponsel sehingga kecanduan.

Tidak sedikit pula perilaku anak yang berubah akibat hal tersebut. Nah, melalui buku ini, orang tua bisa belajar bagaimana cara mendidik anak dalam persaingan di era teknologi ini. Selain itu, buku ini juga mengajarkan anak skill yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Alhasil, anak bisa mengimbangi perkembangan teknologi yang terus maju.

baca juga : Pentingnya Anak Belajar Mengelola Emosi dan Cara Mengajarinya

Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea

Buku parenting yang bisa jadi rekomendasi lainnya adalah Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea. Di Korea sendiri, Appa Jay dan Mama Gina dikenal sebagai sosok parenting yang inspiratif lewat tayangan vlog YouTube. Dari buku ini, para orang tua bisa belajar tentang cara mendidik anak meski kedua orang tuanya mempunyai budaya berbeda.

Seperti yang diketahui, kehidupan penuh dengan lika-likunya foto mana anak harus bisa mengambil keputusannya sendiri. Mengajarkan anak tentang disiplin, konsekuensi, negosiasi sangat penting sejak dini, lho. Anda bisa mendapatkannya melalui buku tersebut. Selain itu, terdapat kisah kehidupan rumah tangga yang tidak pernah diceritakan pada akun Youtube.

21 Tips Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Buku yang bagus dan bisa jadi rekomendasi untuk para orang tua adalah 21 Tips Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus karya Iin Indriyani. Apalagi jika orang tua mempunyai anak yang berkebutuhan khusus. Mengurus anak yang normal dengan anak yang khusus tentunya berbeda.

Orang tua harus banyak bersabar dalam mengurus anak berkebutuhan khusus. Melalui buku ini, orang tua diajarkan apa saja yang harus diperhatikan saat mendidik ABK. Apalagi banyak kisah nyata yang berasal dari pengalaman seorang ibu dalam mengurus ABK. Pastinya banyak kisah relevan yang dialami orang tua.

Parenting 4.0

Jika Anda ingin menerapkan gaya parenting yang modern, maka salah satu rekomendasi buku parenting adalah Parenting 4.0. Seperti yang diketahui, era sekarang adalah era yang canggih dan modern. Alhasil, pola dalam mengasuh anak pun ikut berubah. Jika orang tua ketinggalan dan menerapkan pola asuh zaman dulu, mungkin akan terjadi benturan.

Pasalnya, generasi Z sudah terpapar teknologi dan gadget sejak dini. Melalui buku Parenting 4.0, orang tua bisa diajarkan tentang pengasuhan dan pendidikan yang ideal untuk anak. Selain itu, ada pula peran orang tua dan pendidik dalam memaksimalkan potensi anak.

Pemuda Bukan Remaja

Pemuda Bukan Remaja karya Kiki Barkiah bisa menjadi salah satu pedoman orang tua dengan memberikan sejumlah pengalaman yang diramu dengan ilmu dari referensi buku pendidikan anak. Konsep yang disajikan dalam buku terkait dengan ikhtiar orang tua dalam mempersiapkan anak menuju aqil baligh dan hidup mandiri.

Hal ini tentunya penting bagi orang tua untuk meletakkan fondasinya sejak anak usia dini. Dengan begitu, anak akan siap pada waktunya dalam memikul beban syariat saat usia baligh sudah tiba. Dalam buku ini juga terdapat pengalaman keluarga penulis dalam mengaplikasikan konsep sesuai dalam buku.

Beberapa rekomendasi buku parenting di atas bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan. Namun, akan lebih baik untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dalam keluarga agar gaya parenting yang diterapkan bisa maksimal dan efektif pada anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *