Cara Mengajarkan Konsep Penghargaan Kepada Diri Sendiri Sejak PAUD

Cara Mengajarkan Konsep Penghargaan Kepada Diri Sendiri Sejak PAUD

Mengajarkan konsep penghargaan kepada diri sendiri di masa sekarang sangat penting, lho. Pasalnya, seiring berkembangnya zaman, mental anak-anak malah melemah. Hal ini karena segala sesuatu dikaitkan dengan mental. Apalagi anak di masa sekarang dituntut untuk lebih berusaha keras agar bisa beradaptasi dengan lingkungan.

Meski begitu, bukan berati Anda harus melupakan orang lain. Anda bisa mengajarkan anak sejak usia dini betapa penting menghargai diri sendiri, sesama, dan lingkungan. Namun, saat ini banyak sekali orang tua yang mengabaikan hal tersebut. Akibatnya, harapan anak akan sesuatu malah dipatahkan.

Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban untuk memberikan contoh yang baik pada si kecil. Pasalnya, anak-anak akan menjadikan orang tuanya sebagai role model. Oleh karena itu, orang tua harus mencintai kehidupannya sendiri dan hidup anaknya. Selain itu, ada cara lain untuk mengajarkan si kecil betapa penting memberi penghargaan pada diri sendiri.

#1 Menanamkan Rasa Empati dan Simpati

Salah satu cara untuk mengajarkan anak menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan adalah menamakan rasa empati serta empati. Cara ini bisa menjadi cara mengenalkan Tuhan kepada anak usia dini. Anda bisa mengajar si kecil untuk lebih peduli dan bersikap baik pada sesama dan lingkungan.

Misalnya berbagi makanan kepada orang yang membutuhkan, menolong teman yang membutuhkan bantuan, dan lain sebagainya. Selain itu, membangun rasa empati pada anak juga sangat penting.

Biasanya anak akan mudah cemburu dan membandingkan dirinya dengan temannya. Jika sudah begitu, jangan semakin memperparahnya, ya. Jika Anda malah memperparah, saat dewasa nanti anak akan merasa mudah insecure. Oleh karena itu, Anda bisa menjelaskan pada si kecil secara perlahan.

Jelaskan bahwa tidak semua orang mempunyai kemampuan yang sama. Jelaskan juga bahwa setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya yang berbeda-beda. Jadi, anak mulai mengerti dan mencoba untuk menghargai diri sendiri.

#2 Membiarkan Anak Berani Mengambil Risiko

Kesalahan orang tua yang sering ditemui adalah ikut campur dan menyelesaikan masalah pada anak. Padahal, cara ini bisa membuat anak terbiasa bergantung dan takut mengambil risiko. Dengan begitu, anak-anak juga tidak akan tahu cara menghargai diri sendiri. Sesekali biarkan anak berani mengambil risiko.

Contoh kecilnya dengan membiarkan anak mencoba hal baru yang diinginkan. Meski anak akan mengalami kegagalan atau kebosanan, tapi anak bisa mengerti apa yang diinginkannya. Secara perlahan, orang tua mulai mengajarkan konsep penghargaan kepada diri sendiri sejak dini.

#3 Menanamkan Sikap Tanggung Jawab pada Anak

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengajarkan konsep penghargaan kepada diri sendiri, orang lain, dan lingkungan adalah menanamkan sikap tanggung jawab. Mengajarkan hal penting ini sejak dini bisa berdampak positif saat anak dewasa nanti. Anak-anak bisa terbiasa dan merasa harus bertanggung jawab terhadap sesuatu yang sudah diperbuatnya.

Contoh kecil mengajarkan anak tanggung jawab bisa dilakukan dengan mengucapkan terima kasih, tolong, dan minta maaf. Ada lagi cara lainnya dengan membereskan mainan setelah bermain, membereskan tempat tidur, dan lain sebagainya.

#4 Menanamkan Sikap Taat Akan Aturan

Salah satu contoh anak menghargai diri sendiri adalah dengan menaati setiap aturan. Beberapa orang mempunyai anggapan bahwa aturan ada untuk dilanggar. Namun, hal itu tentunya malah tidak menghargai diri sendiri dan orang lain. Tidak menghargai diri sendiri karena melanggar aturan akan menerima hukuman.

Sementara, tidak menghargai orang lain karena melanggar aturan yang dibuat susah payah oleh orang lain. Itulah penting untuk menanamkan sikap patuh akan aturan sejak dini. Dengan begitu, si kecil akan terbiasa untuk mematuhi aturan yang ada di lingkungan sekitarnya.

#5 Melatih Anak Bersikap Jujur

Bersikap jujur menjadi salah satu cara untuk anak menghargai dirinya sendiri, lho. Bantulah si kecil untuk jujur terhadap sesuatu. Entah masalah yang dia hadapi sampai perasaannya terhadap sesuatu. Jangan menekan anak sehingga bisa membuatnya memendam dan sulit mengungkapkan perasaan.

Anda bisa membantunya untuk jujur pada diri sendiri meski terkadang hal itu memalukan. Selain itu, sikap jujur bisa membuatnya bersikap dewasa nantinya. Itulah beberapa cara mengajarkan konsep penghargaan kepada diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sejak PAUD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *