5 Rekomendasi Buku Self Development yang Populer

rekomendasi buku self development

Buku self development termasuk buku yang semakin diminati oleh orang-orang. Buku pengembangan diri ini berisi tentang hal-hal yang bisa dilakukan orang-orang untuk meningkatkan kesehatan mental, menemukan bakat, memperbaiki hubungan dengan orang lain, hingga memperbaiki kualitas hidup.

Mencari tahu tentang self development sebenarnya bisa didapatkan dari mana saja, seperti seminar, video di YouTube, artikel, dan buku. Jika Anda lebih menyukai membaca buku, banyak sekali buku tentang self development yang beredar di pasaran.

Buku Self Development yang Populer

Dari banyaknya buku self development yang ada, beberapa di antara sangat populer dan dibaca banyak orang. Buku-buku ini sering direkomendasikan karena isinya yang bagus dan dapat membantu pembacanya untuk melakukan self development (pengembangan diri). Berikut ini rekomendasi buku self development yang populer.

1. Bicara itu Ada Seninya

Buku Bicara itu Ada Seninya pernah cukup viral saat awal-awal peluncurannya. Bahkan sampai saat masih banyak orang yang merekomendasikan buku ini untuk dibaca. Buku ini menjelaskan tentang berbagai cara komunikasi yang baik dengan orang lain.

Buku ini pun menjelaskan bagaimana kesan pertama seseorang kepada orang yang baru ditemui dari cara berkomunikasinya. Bahkan buku ini pun memberikan cara bagaimana ucapan Anda dapat membuat lawan bicara memihak Anda. Selain itu, dijelaskan juga bahwa berat atau tidaknya sebuah ucapan ditentukan oleh isi ucapan tersebut.

baca juga : 7 Hal Mengapa Anak Perlu Mengenal Budaya Bangsanya

2. Atomic Habits

Buku self development selanjutnya yang sangat populer yaitu buku Atomic Habits. Buku ini dapat merubah mindset pembacanya bahwa suatu perubahan sebenarnya tidak melulu harus datang dari hal yang besar, melainkan kebiasaan-kebiasaan kecil pun jika rutin dilakukan dapat membuat suatu perubahan yang signifikan.

Buku ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik ataupun ingin membuat kebiasaan baru. Buku ini pun menceritakan beberapa kisah inspiratif dari orang-orang hebat di dunia yang mempunyai kebiasaan baik dan meningkatkan kualitas diri mereka.

3. Filosofi Teras

Buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring ini mengenalkan filsafat stoa dan stoic dalam bentuk yang sederhana. Dalam buku ini, Anda akan menemukan beberapa topik stoicism yang revelan dengan kehidupan sehari-hari. Filsafat stoic yang dijelaskan dalam buku ini dapat mengatasi beberapa permasalahan dalam hidup.

Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa sebuah tulisan yang usianya sudah 2000 tahun masih terhubung dengan pengalaman dan permasalahan manusia sampai hari ini. Bahkan, pembaca buku ini pun dapat ikut mewujudkan manajemen emosi negatif yang dapat bermanfaat untuk menuju kebahagiaan.

4. Thinking, Fast and Slow

Buku Thinking, Fast and Slow adalah karya Daniel Kahneman, seorang pemenang Nobel Prize yang sudah melakukan banyak penelitian di bidang psikologi selama bertahun-tahun. Buku self development ini menjelaskan tentang pembagian pikiran manusia melalui narasi yang sederhana.

Pertama, manusia mempunyai pemikiran cepat yang bersifat instan layaknya mesin irasional yang tidak disadari. Pemikiran ini terdiri dari masa lalu dan naluri bawaan. Kedua, manusia mempunyai pemikiran lambat yang cenderung disengaja, reflektif, dan logis. Namun, pemikiran lambat ini mudah terdistraksi.

Kedua jenis pemikiran ini dijelaskan secara singkat dan jelas dalam analisis yang tajam. Tujuannya yaitu untuk memperoleh pemanfaatan yang seimbang antara dua pemikiran tersebut untuk membuat kualitas hidup lebih baik.

5. Overthinking is Killing Me

Overthinking sering dirasakan oleh orang-orang di zaman ini, apakah Anda salah satunya? Overthinking dan insecurity dapat menjadi musuh terbesar bagi manusia jika tidak dapat mengatasinya. Overthinking dapat memunculkan pikiran dan perasaan negatif dari diri sendiri yang bisa menguras banyak energi secara disadari maupun tidak.

Buku Overthinking is Killing Me ini cocok dibaca untuk Anda yang ingin melawan kebiasaan overthinking. Buku ini dilengkapi dengan cerita dari pengalaman penulis dan perilaku orang lain yang dapat membuat Anda terkejut. Buku ini pun bisa menjadi teman yang memahami perasaan Anda ketika orang lain tidak ada yang dapat melakukannya.

Itulah beberapa buku self development yang populer dan sangat disarankan untuk dibaca. Anda dapat membeli buku-buku tersebut atau membacanya melalui berbagai aplikasi online jika ingin berhemat. Banyak cara untuk membaca buku jika Anda benar-benar menginginkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *